SITE STATUS
Jumlah Member :
499.861 member
user online :
818 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Blog -- Perlukah Minum Susu untuk Melangkapi Nutrisi Ibu Hamil dan Menyusui?



Blog posted by

Perlukah Minum Susu untuk Melangkapi Nutrisi Ibu Hamil dan Menyusui?


Blog posted on 02-06-2016

Sering dipertanyakan apakah penting untuk mengkonsumsi susu ibu hamil dan menyusuiSebab nutrisi ibu hamil dan menyusui yang lengkap tentunya tidak hanya bisa didapatkan dari susu yang dikonsumsi. Akan tetapi, sulit pula untuk memastikan apakah asupan nutrisi yang didapatkan ibu hamil dan menyusui sudah cukup terpenuhi dengan hanya menkonsumsi makanan sehari – hari.



Kenapa memenuhi kelengkapan gizi dan nutrisi seringkali menjadi pusat perhatian ibu hamil dan menyusui?



Tentu saja, alasannya karena ibu yang hamil dan menyusui perlu membagi gizi dan nutrisi yang diserap oleh tubuhnya dengan bayi. Sehingga, memastikan agar nutrisi yang didapatkan ibu hamil dan menyusui dari makanan yang dikonsumsinya terpenuhi. Sebab, manfaat yang didapatkan dari nutrisi yang terpenuhi akan terbagi. Sebagian dari gizi dan nutrisi tersebut akan diserap oleh tubuh Ibu agar kesehatan tubuhnya terjaga, dan sebagian lagi akan disalurkan untuk janin bagi ibu hamil dan disalurkan untuk ASI bagi ibu yang menyusui.



Karena alasan inilah mengapa susu ibu hamil dan menyusui dikonsumsi. Untuk memastikan nutrisi yang dibutuhkan sudah terpenuhi, sebagai tambahan dari makanan biasa yang dikonsumsi sehari – hari.



Manfaat apa saja yang didapatkan ibu hamil dan menyusui dari menkonsumsi susu?



Susu ibu hamil dan menyusui, seperti susu lain pada umumnya tentunya merupakan sumber kalsium yang baik.



Walaupun kalsium bisa juga didapatkan dari bahan makanan perahan susu lain, buah – buahan, dan sayuran hijau, memang cukup sulit untuk mengetahui apakah kebutuhannya bagi ibu hamil dan menyusui itu sudah terpenuhi.



Kalsium memiliki peran yang sangat penting dalam pertumbuhan dan menguatkan tulang. Bagi ibu hamil, tentunya kalsium berguna untuk mengoptimalkan pertumbuhan janin di dalam kandungan. Badan Ibu hamil yang harus menopang berat adan lebih selama mengandung pun memerlukan kalsium agar tulang punggung Ibu tetap kuat melakukan aktifitas sehari – hari walaupun harus menanggung berat badan lebih.



Manfaat yang sama pun dapat dirasakan oleh Ibu menyusui, karena setelah melahirkan tentunya Ibu akan perlu sering menggendong bayi. Tulang yang kuat pastinya sangat dibutuhkan agar hal ini memungkinkan.



Akan tetapi, kalsium bukanlah satu – satunya nutrisi yang dibutuhkan. Susu ibu hamil dan menyusui juga dapat melengkapi asupan nutrisi lainnya, seperti asam folat, vitamin D, dan protein yang pastinya sangat berguna bagi Ibu dan bayinya.



Pastinya nutrisi yang dikandung susu ibu hamil dan menyusui itu tidak bisa dijadikan acuan utama, sebab tidak semua nutrisi yang dibutuhkan Ibu hamil dan menyusui itu sudah terkandung dalam susu. Ibu tetap perlu mengatur pola makan yang sehat dan dan bergizi, dan menjadikan susu sebagai pelengkap dan bagian dari asupan gizi dan nutrisi yang dikonsumsi.



Ada banyak sekali bahan makanan yang bisa Ibu konsumsi agar gizi dan nutrisi yang dibutuhkan tercukupi. Dari bahan makanan protein seperti daging, ayam, ikan dan tahu, hingga sayur dan buah – buahan untuk kebutuhan vitamin dan antioksidan. Jangan lupa juga untuk menghindari makanan yang mengandung banyak zat – zat seperti pengawet, pewarna, dan pemanis buatan.



Dengan konsumsi makanan bergizi yang cukup, tinggal Ibu sendiri yang menilai atau konsultasikan dengan ahli gizi apakah Ibu perlu lagi untuk menkonsumsi susu ibu hamil dan menyusui.





Ditampilkan sebanyak : 630

Tolong beritahu kami apa pendapat Anda tentang blog ini


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman