SITE STATUS
Jumlah Member :
458.180 member
user online :
1336 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

frequently asked questions

Seputar Masalah Kehamilan
  • Q : Kapankah seorang bayi dalam kandungan mulai dapat melakukan pergerakan, misalnya menendang? Dapatkah kita berinteraksi dengannya?

    A : Diantara minggu ke-16 sampai dengan minggu ke-20 merupakan saat-saat awal dimana anda dapat merasakan tendangan-tendangan kecil calon bayi anda. Ia juga mulai dapat memberikan respon terhadap sentuhan pada minggu ke-26. Mintalah dokter anda untuk menunjukkan beberapa bentuk tekanan atau sentuhan yang dapat dijadikan salah satu bentuk komunikasi dengan calon bayi anda. Pada saat pemeriksaan, dokter tersebut juga dapat membantu anda untuk menunjukkan letak kepala calon bayi anda. Bahkan, beberapa orang tua menyatakan bahwa mereka mengajarkan calon bayi mereka untuk menendang saat mereka memintanya, melalui isyarat verbal kapanpun sang calon bayi tersebut ingin menendang sesuai dengan keinginan mereka.


  • Q : Apa yang menyebabkan morning sickness dan bagaimana cara untuk mengatasinya?

    A : Morning sickness (mual & muntah, atau mengidam) sering terjadi pada awal kehamilan (sekitar minggu ke-6 sampai minggu ke-12 kehamilan). Rasa mual ini disebabkan oleh perubahan hormonal yang terjadi pada wanita hamil. Pada dasarnya, morning sickness tidak berbahaya bagi ibu dan janin, namun anda harus segera menemui dokter atau bidan anda bila gejala mual dan muntah sampai menyebabkan hambatan pada asupan nutrisi dan cairan anda (selalu muntah ketika makan dan minum). Makan dan minumlah dalam porsi kecil namun sering, hindari makanan yang berbau tajam dan menyebabkan anda mual, anda dapat menghirup aroma lemon atau jahe untuk membantu menghilangkan rasa mual, sebiknya anda tidak meningalkan atau telat makan. Konsultasikan keluhan anda kepada dokter atau bidan anda bila anda kesulitan dalam makan dan minum karena mual dan muntah ini.


  • Q : Mengapa konstipasi sering terjadi pada kehamilan?

    A : Pada kehamilan, penyebab konstipasi  berhubungan dengan  aktivitas hormonal yang membuat otot-otot pada saluran pencernaan menjadi rileks dan oleh karena adanya tekanan pada usus yang disebabkan bertambah besarnya ukuran rahim pada kehamilan. Otot saluran yang menjadi rileks ini menyebabkan makanan yang telah dicerna berjalan lambat melalui saluran pencernaan dan semakin banyak cairan yang diserap dari sisa makanan tersebut. Pastikan anda meminum banyak  air dan memakan banyak serat, berolahraga ringan ( konsultasikan kepada dokter anda sebelum anda memulai aktivitas olahraga) dan temui dokter anda bila keluhan konstipasi terus berlanjut.


  • Q : Mengapa timbul perubahan kulit (warna atau timbul jerawat) ketika kehamilan?

    A : Perubahan warna kulit ketika hamil (timbul bercak kecoklatan pada wajah dan tubuh) berhubungan dengan melanocyte-stimulating hormone yang meningkat. Hal ini juga berhubungna dengan meningkatnya hormone estrogen dan progesterone pada kehamilan. Perubahan warna kulit dan jerawat ketika hamil akan membaik setelah persalinan, namun dalam kasus tertentu dapat juga menetap. Untuk penanganan masalah ini sebaiknya dilakukan setelah persalinan dengan berkonsultasi kepada dokter spesialis kulit.


  • Q : Penggunaan kacamata, lensa kontak dan dapatkah melalui persalinan normal pada kelainan rabun jauh?

    A : Pada kehamilan banyak terjadi perubahan pada tubuh baik hormonal maupun fisik, salah satunya juga terjadi pada organ mata. Pada beberapa kasus, terjadi penebalan kornea yang akan menimbulkan keluhan rabun jauh atau keluhan yang bertambah parah pada penderita rabun jauh ketika hamil. Hal ini dapat diatasi dengan penggunaan kacamata, sedangkan penggunaan lensa kontak sebaiknya dihindari karena pada wanita hamil sering terjadi keluhan mata kering. Setelah persalinan, keluhan rabun jauh biasanya akan membaik dan kemungkinan melakukan persalinan normal dapat terjadi bila pertambhan ukuran bola mata tidak menimbulkan komplikasi lainnya. Konsultasikan dengan dokter spesialis mata bila keluhan rabun jauh terjadi pada kehamilan anda.


  • Q : Makanan apakah yang sebaiknya dihindari selama hamil?

    A : Yang perlu diperhatikan dalam konsumsi makanan ketika hamil adalah pastikan bahwa makanan tersebut telah dimasak dengan benar-benar matang. Apabila anda mengkonsumsi makanan laut (ikan, udang dan sebagainya) pastikan bahwa seafood tersebut berasal dari laut yang aman terbebas dari pencemaran, terutama terbebas dari pencemaran merkuri dan bahan kimia lainnya.


  • Q : Apakah pemeriksaan USG aman dilakukan pada kehamilan dan kapan dapat dilakukan untuk mendeteksi kehamilan?

    A : Pemeriksaan USG (ultra sonograhpy) aman digunakan pada ibu hamil dan janin. Tidak ada waktu khusus untuk melakukan pemeriksaan USG dapat dilakukan kapan saja pada kehamilan. Untuk mendeteksi awal kehamilan, dapat dilaksanakan pada umur lima setengah minggu kehamilan (sumber: http://www.ob-ultrasound.net/).


  • Q : Mengapa pada kehamilan lebih sering mendapatkan cairan vagina (keputihan), apa yang harus dilakukan bila cairan tersebut berupa bercak kecoklatan ataupun seperti darah?

    A : Pada kehamilan terjadi perubahan hormonal dan salah satunya berdampak pada timbulnya keputihan (leucorrhea). Hal ini adalah wajar selama cairan tersebut tidak berwarna , tidak berbau busuk dan tidak gatal. Apabila anda menemui cairan vagina berwarna kekuningan atau hijau atau putih susu kental, atau berbau tidak sedap, menimbulkan gatal, atau bila cairan tersebut berwarna kecoklatan ataupun seperti darah, maka hal-hal tersebut tidaklah normal pada kehamilan, harap segera menghubungi bidan atau dokter anda bila mendapatkan situasi tersebut.

    (tee)