SITE STATUS
Jumlah Member :
500.088 member
user online :
948 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Blog -- Diskusi di Forum Ibu Hamil Tentang Bagaimana Menyiapkan Diri Agar Bisa Memberikan ASI Eksklusif



Blog posted by

Diskusi di Forum Ibu Hamil Tentang Bagaimana Menyiapkan Diri Agar Bisa Memberikan ASI Eksklusif


Blog posted on 25-08-2016

Tidak perlu mencari referensi lagi. Sudah ada forum ibu hamil di mana semua informasi kehamilan bisa ibu dapatkan.



Tapi bukan itu yang terpenting. Di forum tersebut, informasi yang ibu dapatkan dapat dipertanggungjawabkan. Apalagi jika forum dikelola oleh seorang ahli kesehatan kandungan. Jadi, melalui forum tersebut, ahli tersebut bisa memberikan penjelasan dari sudut pandang ilmu kesehatan.



Dan forum kini semakin ramai. Hal ini mengindikasikan bawasannya semakin banyak masyarakat yang sadar akan pentingnya menjaga kesehatan ibu hamil.



Selain itu, ada juga diskusi di forum untuk ibu hamil tersebut tentang bagaimana mempersiapkan diri agar bisa mensukseskan pemberian ASI eksklusif hingga 6 bulan serta terus memberikan ASI hingga usia bayi 2 tahun.



Hal ini sangat penting. Karena persiapan harus dilakukan jauh hari sebelum bayi lahir.



Berikut ini beberapa kesimpulan yang bisa diambil dari diskusi di forum ibu-ibu hamil tersebut.



Sejak Kapan Harus Melakukan Persiapan



Ini pertanyaan yang harus dijawab terlebih dahulu. Sebenarnya kapan seorang ibu hamil bisa mempersiapkan diri agar bisa memberikan ASI saat bayi sudah lahir?



Menurut para ahli kesehatan ibu hamil, tubuh ibu hamil sudah secara otomatis mempersiapkan diri untuk bisa memproduksi ASI pada awal kehamilan. Hal ini bisa dilihat dari perubahan payudara saat hamil muda seperti payudara terasa lebih kencang.



Akan tetapi, baru ketika usia kehamilan 8 minggu, ada hormone yang sangat berpengaruh dalam memproduksi ASI, yaitu hormoan prolaktin.



Jadi, bisa disimpulkan bawasannya ibu sudah bisa melakukan persiapan saat usia kehamilan baru berusia sangat muda.



Persiapan yang Bisa Dilakukan



Sebenarnya Tuhan sudah menganugrahkan tubuh yang secara otomatis akan merespon terhadap keadaan yang terjadi. Contohnya saja ketika ibu hamil. Maka tubuh akan merespon dengan mempersiapkan diri untuk memberikan ASI saat bayi lahir suatu hari nanti.



Akan tetapi, tentu ibu tidak hanya bisa mengandalkan anugerah dari Tuhan. Ibu juga harus melakukan sesuatu. Dan ada beberapa hal yang seharusnya ibu lakukan jika ingin sekali memberikan ASI kepada sang buah hati suatu hari nanti ketika sudah lahir ke dunia.



Hal yang paling utama adalah tekad yang bulat. Keseriusan menjadi kunci keberhasilan ibu menjalankan program ASI eksklusif serta melanjutkan memberikan ASI hingga usia anak 2 tahun.



Selain itu, mulai usia kehamilan muda, ibu harus lebih banyak mengkonsumsi makanan. Tentunya makanan tersebut harus sehat. Perbanyak makan makanan berkarbohidrat dan bervitamin tinggi.



Dan yang paling penting, sebisa mungkin ibu menghindari stress. Stress sangat berpengaruh sekali terhadap produksi ASI entah pada waktu ibu masih hamil atau sudah melahirkan.



Setidaknya saat ibu masih mengandung, ibu bisa berlatih untuk mengendalikan stress. Dengan demikian, ibu bisa lebih mudah terhindar dari stress saat bayi lahir dan ibu mulai memberikan ASI.



Kerjasama sama dengan suami menjadi cara yang paling efektif. Karena peran suami juga sangat penting agar ibu tidak tertekan, merasa berat saat hamil sehingga ibu akan stress. Oleh sebab itu, berikan pengetahuan kepada suami ibu agar bisa memberikan perhatian yang lebih agar ibu tidak stress entah pada waktu masih hamil atau paska kelahiran.



Tidak ada makanan dan minuman yang terbaik untuk bayi selain ASI.  Semoga hal ini bisa memacu ibu untuk lebih serius dalam melakukan persiapan memberikan ASI eksklusif untuk sang buah hati nanti.





Ditampilkan sebanyak : 239

Tolong beritahu kami apa pendapat Anda tentang blog ini


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman