NEWSLETTER
Edisi : 9 aug-16 aug 2017
 
Berita
Bahan Kosmetik yang Berbahaya pada Kehamilan
Menjadi ibu hamil (bumil) bukan berarti tidak bisa tampil cantik. Kalau biasanya Bunda menggunakan beberapa produk kosmetik untuk merawat dan mempercantik diri, kini Bunda harus ekstra hati-hati. Karena beberapa bahan di dalam kosmetik dapat membahayakan janin. Sebelum menggunakan produk kosmetik pastikan Bunda membaca kandungan di dalamnya terlebih dahulu. Umumnya kandungan yang berbahan dasar aluminium, timah hitam dan metil merkuri dapat te...
 
Tanya Dokter
Batas Maksimal Melahirkan Secara Caesar

Dok, saya udah punya tiga anak perempuan usia 5,5th, 3 th & 1,5 th dan ketiganya lahir secara ceasar. Pada saat kelahiran anak ketiga saya juga langsung steril karena takut kebobolan lagi. Namun sekarang saya dengar bahwa seorang ibu yang melahirkan dengan cesar batasnya bisa 4 kali, aapa benar? Karena sekrang saya ingin punya anak laki-laki (ketiga anak saya semuanya perempuan). Apa saya masih bisa & boleh hamil lagi mengingat saya sudah steril & cesar 3 kali. Selanjutnya apa benar dengan program bayi tabung kita bisa memilih jenis kelamin anak yang kita inginkan? Terima kasih sebelumya

 

---------------------

 

Dear bunda, 
Menurut informasi Anda, telah dilakukan operasi sterilisasi, saya tidak dapat menjanjikan kemungkinan untuk dapat hamil kembali. 
Biasanya operasi steril dilakukan bila sang ibu ingin mendapatkan KB permanen, menurut teori, ikatan pada saluran tuba dapat dibuka kembali (bila dilakukan pengikatan saluran tuba), namun recovery dari tindakan tersebut tidak dapat saya pastikan keberhasilannya. 
Sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter yang telah membantu operasi caesar Anda terdahulu karena beliau yang lebih mengerti mengenai keadaan Anda. 
Biasanya luka bekas operasi dapat sembuh dan aman untuk hamil kembali setelah 2 tahun. 
Demikian jawaban saya.

 
Ceritaku
Persiapan Sebelum Melahirkan

Tak terasa kita sudah berada di Tahun 2011. Selamat Tahun Baru 2011, sukses untuk Bunda dan keluarga. Di tahun ini tentu saja kita tetap ingin memberikan yang terbaik untuk buah hati kita. Termasuk juga calon buah hati yang sebentar lagi akan lahir ke dunia. Nah, untuk Bunda yang kini sedang menantikan kelahiran si kecil beberapa minggu lagi mungkin sudah mempersiapkan segala sesuatunya. Tidak ada salahnya kita cek ricek kembali supaya tidak a...

NB.
 
Artikel
Pilih Bersalin Normal atau Caesar ya? (1)

Sebentar lagi si kecil akan lahir ke dunia dan suara tangisan bayi akan segera menghiasi rumah Bunda. Sampai sejauh ini, apakah Bunda sudah memutuskan untuk melahirkan secara normal atau caesar?

Supaya Bunda tidak keliru mengambil keputusan, berikut ulasannya mengenai proses kelahiran normal dan Caesar.

Persalinan Normal

Persalinan normal adalah proses pengeluaran janin tanpa alat bantu apa pun. Dokter dan tenaga medis yang ada hanyalah memantau dan memberikan instruksi untuk Bunda, seperti tarik nafas dan mengejan.

Bunda pasti pernah mendengar bahwa persalinan normal lebih sakit dari Caesar yang hanya memakan waktu beberapa menit saja dan tanpa rasa sakit. Jangan kuatir, sekarang ini dunia kedokteran sudah lebih maju dan para dokternya pun kooperatif sehingga Bunda lebih nyaman. Di beberapa rumah sakit juga tersedia pelayanan terapi penataan emosi dan pikiran. Kalau Bunda mendengar cerita kerabat atau teman-teman tentang persalinan normal yang sakit sekali, jangan lantas membuat Bunda takut dan cemas. ingatlah bahwa setiap orang memiliki pengalaman yang berbeda.

Bunda perlu tahu proses persalinan normal ada beberapa tahap, yakni :
• Kontraksi rahim
Biasanya kontraksi akan berlangsung selama 30 detik dengan selang waktu 15-20 menit. Bila persalinan semakin dekat durasi kontraksi akan semakin lama dan berselang 3-5 menit. Bila Bunda merasa tak nyaman cobalah berjalan atau jongkok untuk membantu menurunkan janin ke panggul. Bunda akan merasakan nyeri di bagian punggung bawah.
• Pecah ketuban
Bila ketuban telah pecah kontraksi akan semakin hebat dan tekanan dari kepala bayi bertambah kuat ke bagian tengah panggul. Pecahnya ketuban ini sebagai tanda bahwa persalinan akan terjadi dalam 12-24 jam ke depan.
• Keluar lendir dan darah
Bila lendir yang bercampur darah telah keluar persalinan akan segera tiba paling lama dalam 24 jam. Pada saat ini Bunda jangan panik dan tak perlu mengejan terlebih dahulu. Simpan tenaga Bunda sampai mendapat instruksi dari bidan atau dokter.

Bila Bunda ingin tahu tentang persalinan Caesar dan mengapa tindakan Caesar diambil, tunggu ulasannya minggu depan di situs kesayangan Bunda ini.
 

NB.
Selain hadir dalam aplikasi Blackberry yang dapat di download di sini
Kini infobunda tersedia dalam aplikasi Android yang juga dapat di download melalui link ini

Kedua aplikasi tersebut  FREE.
Ingin bertukar cerita dan informasi dengan para bunda lainnya...?

Langsung saja Anda login di fasilitas CHATTING kami atau gunakan link berikut ini:
www.infobunda.com/newchat
Bila lupa password, silahkan klik  http://www.infobunda.com/lupa

Dapatkan juga informasi penting tentang Masa Kehamilan, Pertumbuhan Balita, Waktu kelahiran, Tentang ASI, dan Jadwal Imunisasi
Anda yang sedang memikirkan nama bagi calon bayi Anda kelak, klik saja Nama Si Kecil.
Jangan lupa kami juga menyediakan bahasan tentang karakter dan kepribadian bayi Anda di Astrologi Bayi.
Tunggu apa lagi... ???

Ajak semua sahabat dan kerabat bergabung di www.infobunda.com, situs terpercaya bagi ibu hamil, bayi, dan balita!
NB.
Untuk informasi lebih lanjut mengenai ragam fitur yang tersedia pada situs ini dan ragam bentuk kerjasama yang tersedia, silahkan hubungi kami melalui email : info@infobunda.com