NEWSLETTER
Edisi : 22 jun-5 juli
 
Berita
 
Tanya Dokter
Telat Haid Setelah Melahirkan

Assalamualaikum bu.saya mau tanya..saya lahiran bln juli..13 agustus saya udah dpt haid..10 september haid berikutnya..sekarang bln oktober kk saya belum haid ya?saya belum kb dan HB dengan suami dengan cara senggama terputus dan kalender..saya takut kalo hamil lagi..gimana ya bu pencegahannya?mohon jwabannya..terimakasih

 

Dokter:

Dear Bunda, 

Sebaiknya Bunda mengetahui Body mass index (BMI) Anda agar mengetahui apakah benar tubuh Anda memiliki berat badan yang kurang. Terkadang postur tubuh yang tampak pada seseorang adalah kurus atau gemuk namun sebenarnya sudah memiliki Body Mass Index yand sesuai pada dirinya.  Idealnya asupan makanan mengandung 50% karbohidrat, 30% lemak dan 20% protein. Untuk menambah bobot tubuh maka Bunda dapat menambah jumlah kudapan atau makanan dengan lebih sering. Es krim, yoghurt ataupun keju tinggi lemak merupakan beberapa pilihan sumber bahan makanan yang bernutrisi juga sumber karbohidrat dan lemak yang cukup tinggi. Hindari memakan junk food atau makanan yang kurang sehat sebagai sumber nutrisi, meskipun jenis makanan tersebut dengan mudah menambah bobot badan namun kurang sehat dari kandungan nutrisinya. Bunda dapat menggunakan sumber-sumber karbohidrat lainnya untuk menambah bobot tubuh, namun berhati-hati untuk tidak memakan bahan makanan dengan  kandungan gula yang terlalu tinggi untuk menghindari terjadinya diabetes. Sebaiknya untuk mengatur jumlah asupan makanan yang tepat,  Bunda berkonsultasi dan diperiksa oleh dokter umum maupun dokter spesialis gizi klinik. 

 
Ceritaku
...
NB.
Kontes Foto "The Cutest Baby" with Tabloid Nakita dan Infobunda  selama bulan Desember 2014.
 
Artikel
Ketahui Persiapan Persalinan Normal

Bisa melahirkan normal adalah impian setiap Ibu hamil. Selain bisa merasakan perjuangan berat saat melakukan persalinan normal, melahirkan secara normal merupakan proses kelahiran yang disarankan oleh medis. Kelahiran normal dapat dilakukan dengan catatan tidak ada komplikasi pada janin. Bila Bunda berencana melakukan persalinan normal, simaklah poin-poin penting berikut ini:
1. Umumnya persalinan normal menghabiskan waktu 12-14 jam. Tetapi biasanya itu terjadi pada persalinan pertama. Untuk persalinan normal berikutnya, waktunya akan lebih cepat dibanding yang pertama.
2. Proses persalinan ditandai dengan adanya kontraksi. Kontraksi memicu janin menuju ke bawah sehingga siap untuk keluar dari dalam rahim Bunda.
3. Kontraksi yang semakin kuat menimbulkan pembukaan rahim yang makin lama semakin membesar sebagai jalan keluar janin atau bayi. Proses pembesaran jalan keluar janin inilah yang dikenal dengan istilah pembukaan.
4. Pembukaan dimulai dari pembukaan 1 hingga pembukaan 10. Maksudnya 1 di sini adalah 1 cm dan begitu juga 10 maksudnya adalah 10 cm. Semakin lebar pembukaan, kepala bayi semakin terdorong dan siap keluar.
5. Pada pembukaan 1, kontraksi yang dialami biasanya tidak terlalu kuat. Tidak heran, terkadang Ibu hamil tidak menyadari bahwa dirinya mengalami kontraksi.
6. Pada pembukaan ke-10 yaitu pembukaan sempurna Bunda akan merasakan mulas yang sangat kuat. Kepala bayi sudah terlihat dan Bunda akan merasakan kontraksi yang cukup lama, yaitu 2-3 menit.
7. Pada persalinan pertama, bila perlu dokter akan mengambil tindakan perobekkan bagian perineium untuk memudahkan janin keluar. Namun, pada persalinan berikutnya biasanya janin akan mudah keluar tanpa harus dilakukan perobekkan terlebih dahulu.
8. Bila Bunda merasa tegang saat menghadapi persalinan, diamlah sejenak dan katakan dalam hati bahwa Bunda percaya dan yakin Bunda akan mampu melewati peristiwa indah ini. Rasa sakit kontraksi akan hilang seketika saat si kecil lahir ke dunia.
9. Minumlah air putih yang cukup sebelum persalinan untuk menghindari dehidrasi, karena Bunda perlu tenaga yang cukup besar.
10. Bila pembukaan berjalan lambat, Bunda bisa berjalan-jalan supaya janin terdorong ke bawah dan menambah besarnya pembukaan.

Nah Bunda, kini Bunda sudah siap menjalani persalinan normal yang luar biasa itu, bukan? Percayalah bahwa peristiwa melahirkan si kecil tidak akan terlupakan oleh Bunda untuk seumur hidup.

Tips:
- Lakukan latihan pernapasan saat memasuki trimester ketiga. Bunda dapat mengurangi kecemasan melalui olah napas yang benar.
- Pelajari pula tehnik mengejan yang tepat jauh-jauh hari sebelum persalinan.

NB.
Selain hadir dalam aplikasi Blackberry yang dapat di download di sini
Kini infobunda tersedia dalam aplikasi Android yang juga dapat di download melalui link ini

Kedua aplikasi tersebut  FREE.
Ingin bertukar cerita dan informasi dengan para bunda lainnya...?

Langsung saja Anda login di fasilitas CHATTING kami atau gunakan link berikut ini:
www.infobunda.com/newchat
Bila lupa password, silahkan klik  http://www.infobunda.com/lupa

Dapatkan juga informasi penting tentang Masa Kehamilan, Pertumbuhan Balita, Waktu kelahiran, Tentang ASI, dan Jadwal Imunisasi
Anda yang sedang memikirkan nama bagi calon bayi Anda kelak, klik saja Nama Si Kecil.
Jangan lupa kami juga menyediakan bahasan tentang karakter dan kepribadian bayi Anda di Astrologi Bayi.
Tunggu apa lagi... ???

Ajak semua sahabat dan kerabat bergabung di www.infobunda.com, situs terpercaya bagi ibu hamil, bayi, dan balita!
NB.
Untuk informasi lebih lanjut mengenai ragam fitur yang tersedia pada situs ini dan ragam bentuk kerjasama yang tersedia, silahkan hubungi kami melalui email : info@infobunda.com