SITE STATUS
Jumlah Member :
484.491 member
user online :
2014 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Hentikan Gaya Hidup yang Mengganggu Kesuburan Anda

   

Hentikan Gaya Hidup yang Mengganggu Kesuburan Anda



Bila dua minggu lalu Infobunda mengulas tentang makanan dan penyakit yang mempengaruhi kesuburan wanita, minggu ini situs kesayangan Anda akan membahas tentang gaya hidup yang mempengaruhi kesuburan wanita.
Gaya hidup memang sangat mempengaruhi tingkat kesuburan seorang wanita. Untuk itu bila Anda mendambakan hadirnya buah hati yang tak kunjung tiba, baiknya Anda mengubah beberapa gaya hidup di bawah ini:
 
1.  Terlalu Gemuk atau kurus
Berat badan yang terlalu gemuk atau kurus dapat mengganggu hormon estrogen dan progesteron. Gangguan pada hormon ini akan mempengaruhi siklus menstruasi sehingga membuat Anda sulit hamil. Sebaiknya makanlah dalam porsi cukup, hindari junk food, dan perbanyak sayur serta buah-buahan.
 
2.  Mengonsumsi kopi berlebihan
Sebuah penelitian yang dilakukan oleh seorang epidemiolog, Prof. Dr. Allen J. Wilcox dari Institut Nasional Kesehatan Lingkungan Amerika mengungkapkan bahwa wanita yang mengonsumsi kopi lebih dari 70 cangkir sebulan atau setara dengan 2-3 cangkir sehari dapat menyulitkan wanita untuk hamil. Ganti kebiasaan minum kopi Anda dengan secangkir the atau segelas jus buah.
 
3.  Perokok
Sudah jelas bahwa rokok pasti akan memberikan efek negatif pada rahim Anda. Respon indung telur seorang perokok lebih rendah bila dibandingkan dengan yang bukan perokok. Bila Anda masih mendambakan hadirnya seorang buah hati di tengah kehidupan rumah tangga Anda, segera hentikan kebiasaan ini.
 
4.  Kebiasaan minum alkohol
Duduk dan mengobrol dengan teman-teman di sebuah café sudah menjadi kebiasaan yang cukup umum di ibu kota. Selain rokok, alkohol tak jarang ikut menemani suasana mengobrol Anda. mengonsumsi alkohol satu gelas sehari masih dapat ditolerir, namun jika berlebihan akan mengganggu metabolisme hormon estrogen dan progesteron. Dampaknya pembuahan sel telur akan sulit terjadi.
 
5.  Stress
Stress tampaknya menjadi teman yang akrab khususnya bagi Anda yang bekerja dengan deadline dan target. Sebaiknya Anda tidak membawa pekerjaan ke rumah sehingga waktu istirahat Anda tidak terganggu. Stress dapat mengganggu ovulasi dan juga mengurangi kualitas hubungan suami istri. Mendapatkan pijatan seluruh tubuh, akupuntur atau meditasi dapat mengurangi stress.
 
Nah, sekarang Anda sudah tahu apa saja gaya hidup yang dapat mengganggu kesuburan Anda. Hentikan sekarang juga demi impian memiliki buah hati.
 
Tips:
Periksakan keadaan kesuburan Anda pada dokter kandungan untuk mendapatkan pemeriksaan dan terapi yang tepat. 
Tolong beritahu kami apa pendapat Anda tentang artikel ini


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman