SITE STATUS
Jumlah Member :
484.308 member
user online :
2117 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Kunci Sukses Ungkap Identitas Anak Adopsi

   

Kunci Sukses Ungkap Identitas Anak Adopsi



Bunda dan pasangan merupakan orangtua adopsi? Pernah mengalami dilema? Atau mungkin saat ini sedang mengalaminya?

Ya, identitas asli anak angkat cenderung membuat kita dilema. Buah pikiran untuk menutupinya terus atau sebaiknya membuka hal sebenarnya menjadi pilihan yang sulit. Sulit karena khawatir memikirkan efeknya kelak jika ia mengetahuinya. Apakah ia bisa menerima identitasnya di tengah keluarga bahagia yang sudah terbangun atau malah berbalik murung dan merasa asing.

Dra. Henny E. Wirawan, M. Hum., Psi., QIA, Psikolog dan dosen Universitas Tarumanagara menganjurkan agar orangtua berbicara langsung kepada anak. “Hal ini lebih baik daripada dia tahu dari orang lain yang bukan tidak mungkin si anak tidak percaya lagi pada orangtua..” jelasnya.

Kekhawtiran seperti di atas bisa ditanggulangi asalkan kita mampu memberikan penjelasan yang terbaik. Berikut kuncinya :
  1. Katakan betapa berharganya dia
    Penting sekali untuk memberikan penjelasan bahwa dia merupakan bagian dari keluarga yang sangat dicintai. Dia sama berharganya dengan anggota keluarga yang lain. Jangan mengungkapkan bahwa dia adalah ‘pancingan’ supaya Bunda hamil. hal ini justru akan melukainya. Bunda bisa mengatakan, “Mama dan Papa jatuh cinta waktu melihat kamu pertama kali, sayang.”
     
  2. Sesama jenis
    Emosi sesama jenis mempengaruhi reaksi anak ketika mendengar hal sebenarnya. Jika anak angkatnya perempuannya sebaiknya Bunda yang menjelaskan, sebaliknya jika anaknya laki-laki Ayah-lah yang mengambil alih tugas ini
     
  3. Tidak berubah
    Setelah menjelaskan semua padanya pasti untuk beberapa saat dia akan terlihat murung atau mungkin shock. Tetaplah support dirinya seperti sedia kala. Tunjukkan bahwa identitas aslinya tidak mempengaruhi sikap dan kasih sayang yang telah ada. 

Tips :
  • angkatlah anak dengan suku yang sama supaya perbedaan fisik tidak terlalu menonjol sehingga anak tidak menjadi olok-olok temannya kelak
  • Perlakukan sama anak satu dengan lainnya, baik anak adopsi mau pun kandung, sehingga ia tidak merasa dibeda-bedakan.
Tolong beritahu kami apa pendapat Anda tentang artikel ini


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman