SITE STATUS
Jumlah Member :
484.079 member
user online :
2157 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Ajarkan Anak Mencintai Lingkungan

   

Ajarkan Anak Mencintai Lingkungan



Kondisi lingkungan ditentukan oleh perilaku manusia. Bila kita dapat mencintai lingkungan, maka lingkungan hidup akan lestari dan dapat terus membantu kehidupan kita.

Sebagai orangtua tentu Bunda mengharapkan buah hati Bunda memiliki rasa cinta pada lingkungannya. Tumbuhkanlah rasa cinta itu sejak dini. Untuk menciptakan anak-anak yang peduli akan lingkungan Bunda bisa melakukan hal-hal sederhana berikut, seperti:

1. Hemat Listrik
Jelaskan padanya bahwa segala peralatan elektronik menggunakan energi listrik yang besar. Minta anak-anak untuk tidak membuang energi. Matikan televisi dan video game setelah selesai bermain. Ajarkan pula si kecil untuk menekan tombol lampu rumah Bunda. Sehingga ia tahu kalau lampu tidak dipakai sebaiknya dimatikan.

2. Hemat Air
Selain listrik ajarkan pula untuk menghemat air. Misalnya tutuplah keran air terlebih dahulu selama menggosok gigi. Jangan biarkan air terbuang percuma. Buka kembali keran air saat hendak menggunakannya.

3. Berkebun
Ajak ia untuk membantu Bunda berkebun. Lihat betapa ia senang sekali melakukannya. Jangan lupa untuk menumbuhkan rasa memiliki pada tumbuhan yang telah ia tanam di halaman depan atau belakang rumah Bunda. Bunda bisa mengatakan, “Wah, pohon Adik sudah besar, lho.”.

4. Buang sampah
Untuk menjaga lingkungan tetap bersih selalu ajarkan si kecil bagaimana membuang sampah di tempatnya. Jangan sekali-sekali memberikan excuse untuk membuang sampah sembarangan. Mintalah ia menyimpan bungkus makanan bila tidak ada tempat sampah di dekatnya.

5. Daur Ulang
Buatlah satu permainan dengan menggunakan alat-alat yang tidak terpakai lagi. Misalnya membuat permainan menggunakan toples bekas selai, atau menggunakan botol sirop. Sambil bermain berikan penjelasan bahwa tempat-tempat bekas makanan ini sebaiknya tidak dibuang karena masih dapat dimanfaatkan untuk hal lain.

6. Rekreasi dekat alam
Sesekali mintalah suami untuk mengajak anak-anak berlibur ke tempat-tempat yang dekat dengan alam. Berkemah bisa menjadi pilihan. Dengan begitu ia dapat melihat betapa berartinya lingkungan ini untuk membantu kehidupan orang banyak.

Hal-hal di atas dapat dilakukan sehingga lama kelamaan anak akan mengerti dan tertanam rasa cinta pada lingkungannya. Tetapi ingat Bun, bahwa anak adalah pencontoh yang paling hebat. Jadi, bila Bunda ingin si kecil mencintai lingkungan, Bunda juga harus menerapkannya. Jangan sampai Bunda mengajarkannya untuk membuang sampah pada tempatnya tetapi Bunda sendiri malah buang sampah sembarangan.

Selamatkanlah lingkungan kita mulai sekarang.

Tolong beritahu kami apa pendapat Anda tentang artikel ini


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman