SITE STATUS
Jumlah Member :
476.405 member
user online :
2057 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Blog -- Kesehatan Bayi dan Balita Bisa Terganggu Karena AC Lho



Blog posted by

Kesehatan Bayi dan Balita Bisa Terganggu Karena AC Lho


Blog posted on 30-09-2016

Ibu pasti kasian jika melihat si kecil kepanasan. Tapi, jika ibu justru terlalu sering menyalakan AC, kesehatan balita dan balita justru semakin tidak baik.



Sepertinya menyalakan AC itu solusi agar si kecil tidak kepanasan. Akan tetapi, justru dengan menyalakan AC, ibu membuat kesehatan anak ibu terganggu.



Ada beberapa keluhan kesehatan yang tidak banyak orang tahu sadari bawasannya keluhan tersebut disebabkan oleh AC. Untuk ibu yang tinggal di daerah yang panas dan akan memasang AC karena merasa kasian dengan si kecil, sebaiknya pertimbangkan terlebih dahulu.



Informasi ini akan membuat ibu lebih bijak.



Masalah yang Terjadi Jika Si Kecil Berada Di Ruangan Ber-AC



Sebenarnya tidak masalah jika ibu mencoba untuk membuat si kecil tidak kepanasan. Apalagi jika ibu tinggal di daerah yang panas. Tentu ibu tidak ingin si kecil tidak nyaman dengan keadaan seperti itu.



Hanya saja, pilihan untuk memasang AC di rumah ternyata bukan pilihan yang tepat. Karena jika si kecil terlalu sering berada di ruangan ber-AC, kulitnya yang masih sensitif mudah alergi. Paling mudah ia akan mengalami gatal-gatal dan ruam. Dan bahkan, bukan tidak mungkin justru kulit si kecil menjadi kering. Padahal biasanya kulit bayi itu lembut, bukan?



Jadi, masih berpikir untuk memasang AC di rumah?



Lebih dari itu, ternyata para dokter anak juga memperingatkan kesehatan bayi atau balita terutama pada bagian pernafasan akan terganggu jika ia sering berada di ruangan ber-AC. Ibu bisa perhatikan jika si kecil bernafas. Jika pernafasannya terlihat tersengal-sengal, mungkin hal tersebut dipengaruhi oleh AC. Jika diteruskan, dikhawatirkan si kecil nanti akan mengalami penyakit asma.



Tahukah ibu ternyata ketika ibu berada di ruangan ber AC, ibu akan lebih sering merasa haus? Mungkin hal ini tidak ibu sadari. Dan ibu bisa bayangkan bagaimana bayi atau balita justru berada di ruangan ber-AC. Bukan tidak mungkin ia akan mudah mengalami dehidrasi. Dan jika hal ini terjadi, tentu akan mengakibatkan hal yang tidak baik khususnya bagi perkembangan bayi atau balita ibu.



Solusi Selain Memasang AC



Kalau tidak sering, sebenarnya tidak masalah jika ibu memasang AC. Hanya saja, jangan sampai ibu membuat si kecil selalu tinggal di dalam rumah yang ber-AC.



Jika memang udara di sekitar daerah ibu sangat panas, ada baiknya jika ibu mengatur kembali sirkulasi udara di rumah ibu. Ibu bisa berkonsultasi dengan ahli desain interior rumah agar bisa membuat sirkulasi udara lebih baik. Dengan demikian, si kecil akan nyaman di dalam rumah tanpa harus memasang AC di rumah.



Jika memang sangat panas, ibu bisa membeli alat pendingin lain seperti kipas angin atau exhause untuk mengeluarkan hawa panas di dalam rumah. Jadi, masih ada alternatif lain selain memasang AC.



Sekarang ibu sudah tahu bukan ada resiko berbahaya jika ibu membiasakan si kecil berada di ruangan ber AC?



Kesehatan anak itu tidak hanya ditentukan dari bagaimana ibu menyiapkan menu makanan yang bergizi. Lebih dari itu, lingkungan rumah juga tak kalah berpengaruh.



Jika memang udara di dalam rumah sangat panas, mungkin ibu bisa mulai berdiskusi dengan suami bagaimana agar rumah menjadi sejuk dan nyaman untuk ditinggali bersama si kecil tanpa harus menggunakan AC. Kalaupun terpaksa memakai AC, setidaknya AC digunakan di waktu-waktu tertentu saja.





Ditampilkan sebanyak : 310

Tolong beritahu kami apa pendapat Anda tentang blog ini


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman