SITE STATUS
Jumlah Member :
500.108 member
user online :
878 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Blog -- Ada Bintik Putih Di Lidah. Hati-Hati Infeksi Jamur



Blog posted by

Ada Bintik Putih Di Lidah. Hati-Hati Infeksi Jamur


Blog posted on 11-10-2016

Coba ibu cek mulut si kecil. Apakah ada bintik putih pada lidah? Hati-hati jika ada. Itu tandanya si kecil menglami infeksi jamur. Ini juga sering disebut dengan jamur susu.



Sebenarnya tidak ada yang perlu ibu khawatirkan. Hanya saja, ada beberapa kasus di mana jika bayi atau balita terkena infeksi jamur di mulut maka ia mengalami demam yang sangat tinggi.



Jadi, sebaiknya ibu tidak boleh menyepelekan masalah kesehatan yang satu ini. Ibu harus tahu bagaimana penanganan yang tepat.



Namun, alangkah baiknya jika ibu mengetahui terlebih dahulu kenapa infeksi jamur di mulut itu bisa terjadi.



Penyebab Paling Umum Infeksi Jamur



Infeksi jamur ini disebut juga dengan jamur susu. Hal ini disebabkan karena jamur tersebut menginfeksi bagian mulut si kecil karena susu yang dikonsumsi oleh si kecil.



Hal ini tidak hanya disebabkan susu balita yang ibu berikan. Bisa juga disebabkan ASI. Hanya saja, yang paling sering terjadi adalah infeksi jamur yang disebabkan oleh susu balita yang dikonsumsi oleh si kecil.



Selain itu, oral trush bisa menjadi penyebabnya. Menurut pakar kesehatan, oral trush merupakan kondisi jamur yang sudah ada dan terakumulasi. Biasanya, oral trush ini dipengaruhi oleh kekebalan tubuh yang kurang bagus.



Kebanyakan para ahli kesehatan menjelaskan infeksi jamur pada mulut si kecil itu disebabkan oleh dua hal tersebut. Lalu, apa yang seharusnya ibu lakukan?



Cara Tepat Mengatasi Infeksi Jamur



Sebenarnya, tidak ada hal yang perlu ibu lakukan jika infeksi jamur yang dialami oleh si kecil disebabkan oleh oral trush. Karena secara alamiah jamur tersebut lambat laun akan hilang.



Hanya saja, yang dikhawatirkan adalah ketika jamur tersebut berkembang lebih banyak dan bisa berakibat buruk terhadap kesehatan.



Oleh sebab itu, akan lebih baik jika ibu periksakan si kecil ke dokter agar segera mendapatkan obat anti jamur. Dengan cara tersebut, jamur akan hilang dalam hitungan beberapa hari saja.



Namun, ada baiknya juga jika ibu mencoba cara yang sederhana berikut ini, yaitu membersihkan jamur sendiri di rumah.



Bagaimana caranya? Siapkan saja kain kasa dan air hangat. Celupkan kain kasa pada air hangat lalu bersihkan bagian mulut yang terinfeksi jamur dengan kain kasa tersebut.



Selain itu, ibu juga bisa gunakan sikat gigi khusus untuk bayi yang dijual di minimarket terdekat. Hanya saja, sikat gigi tersebut terdapat gerigi yang terkadang si kecil tidak mau menggunakan sikat gigi tersebut.



Ibu perlu melakukan pembersihan bagian mulut tersebut berulang-ulang kali. Jangan terlalu keras ketika menggunakan kain kasa atau sikat gigi bayi. Gunakan saja secara halus. Jamur tidak bisa hilang seketika. Butuh waktu cukup lama untuk benar-benar hilang. Ibu hanya perlu rutin membersihkan mulut si kecil. Agar lebih mudah, ibu bisa membersihkan mulut si kecil ketika ia tertidur.



Jika selama 3 hari dan bintik putih tidak berkurang atau bahkan bertambah, sebaiknya ibu konsultasikan dengan dokter anak. Mungkin ibu bisa konsultasi online dulu di ibudanbalita. Silakan ibu meminta solusi yang tepat untuk masalah yang dialami oleh si kecil tersebut.



Jika sampai satu minggu lebih bintik putih tidak kunjung hilang, ibu perlu periksakan si kecil ke dokter anak agar segera mendapatkan obat anti jamur mulut. Ini cara yang terakhir untuk mengatasi masalah infeksi jamur di mulut.





Ditampilkan sebanyak : 669

Tolong beritahu kami apa pendapat Anda tentang blog ini


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman