SITE STATUS
Jumlah Member :
504.490 member
user online :
399 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Blog -- Tahukah Kenapa Zat Besi Dianggap Sebagai Nutrisi Ibu Hamil yang Penting?



Blog posted by

Tahukah Kenapa Zat Besi Dianggap Sebagai Nutrisi Ibu Hamil yang Penting?


Blog posted on 13-05-2016

Nutrisi ibu hamil apa saja yang penting dan harus dipenuhi? Banyak yang mengatakan zat besi merupakan nutrisi yang paling penting. Tanpa menyepelekan nutrisi lainnya, zat besi memang sangat diperlukan.



Ibu akan semakin fokus untuk memastikan asupan nutrisi ibu hamil berupa zat besi ini harus tercukupi jika tahu manfaat apa saja yang akan ibu dapatkan.



Ketika Zat Besi Menentukan Kesehatan Ibu Hamil



Tidak berlebihan jika dikatakan bahwa zat besi sangat menentukan kesehatan seorang ibu hamil. Hal ini disebabkan zat besi menentukan berbagai jenis nutrisi ibu hamil lainnya.



Jika ibu merasa lemas mulai ketika ibu sedang mengandung, tidak pasti ibu kekurangan kalori. Ada kemungkinan juga ibu kekurangan zat besi. Pasalnya, zat besi sangat berkontribusi sekali terhadap kebugaran ibu.



Secara ilmu medis, zat besi menentukan produksi sel darah merah. Sementara itu, sel darah merah diperlukan sekali apalagi bagi ibu hamil. Jika kekurangan darah merah, maka ibu akan merasa lemas. Dokter dan pakar gizi mengatakan anemia atau kekurangan darah. Tanda-tandanya, ibu akan lemas dan mudah lelah.



Namun, tidak itu saja yang membuat nutrisi ibu hamil berupa zat besi ini sangat penting. Apakah ibu tahu kenapa sering sekali seorang ibu hamil sakit entah itu pilek, demam, radang, dan lain sebagainya? Itu bisa juga disebabkan kurangnya asupan zat besi. Nutrisi untuk ibu hamil yang satu ini ternyata berperan penting untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Untuk masalah kesehatan yang bisa terganggu karena virus dan bakteri di mana virus dan bakteri tersebut bisa menyerang karena daya tahan tubuh yang kurang bagus, maka ibu harus memperbanyakan asupan zat besinya.



Cara Mendapatkan Asupan Zat Besi



Sekarang ibu sudah tahu bukan kenapa zat besi itu sangat penting. Selanjutnya ibu perlu mengetahui cara mendapatkan zat besi.



Sebenarnya banyak sekali makanan dan minuman yang mengandung nutrisi ibu hamil ini. Namun, tahukah ibu ada hubungan antara zat besi dengan vitamin C?



Ternyata, makanan yang mengandung vitamin C itu memicu penyerapan zat besi oleh tubuh. Bahkan, sekalipun ibu mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi namun kekurangan vitamin C, seperti mustahil ibu bisa mendapatkan segala kebaikan dari zat besi.



Oleh sebab itu, selain mengetahui makanan apa saja yang mengandung nutrisi ibu hamil berupa zat besi, ibu juga harus mencatat berbagai jenis makanan dan minuman yang tinggi kadar vitamin C nya seperti jeruk, brokoli, dan lain sebagainya.



Kapan Ibu Memberlukan Zat Besi?



Sebenarnya, sejak awal kehamilan ibu sudah memperlukan zat besi dalam kadar yang tinggi. Akan tetapi, saat usia kehamilan sudah memasuki trimester kedua, kadar zat besi yang ibu harus dapatkan harus lebih banyak. Pada saat itu, janin juga membutuhkan zat besi. Sehingga jika ibu kekurangan zat besi, janin akan mengambil zat besi dan ibu tidak mendapatkan zat besi. Akhirnya, ibu akan mengalami anemia dan mudah terserang penyakit.



Untuk itu, mulailah untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung nutrisi untuk ibu hamil berupa zat besi. Carilah jenis makanan yang berbeda agar ibu tidak merasa bosan. Ibu akan lahap mengkonsumsi menu makanan yang berbeda namun dipastikan nutrisi berupa zat besi terpenuhi. Jadi, apakah ibu siap untuk membuat menu makanan yang penuh dengan kandungan nutrisi ibu hamil?





Ditampilkan sebanyak : 865

Tolong beritahu kami apa pendapat Anda tentang blog ini


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman