SITE STATUS
Jumlah Member :
498.905 member
user online :
847 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Blog -- Sering Sakit Gigi? Tanda bahwa Ada Masalah Serius dengan Kesehatan Wanita Hamil



Blog posted by

Sering Sakit Gigi? Tanda bahwa Ada Masalah Serius dengan Kesehatan Wanita Hamil


Blog posted on 18-02-2016

Kesehatan wanita hamil tidak boleh dianggap remeh. Harus ditekankan terus menerus bahwa kesehatan seorang wanita hamil itu menentukan kesehatan janin dalam kandungan. Artinya, untuk memastikan janin berkembang optimal, maka ibu hamil harus benar-benar sehat.





Untuk itu, diperlukan langkah-langkah yang tepat untuk menjaga kesehatan wanita hamil. Dalam hal ini, jangan pula mengaggap sepele hal-hal yang kelihatan kecil seperti contoh sakit gigi. Bagi orang yang tidak hamil, mungkin saja sakit gigi bisa bukan masalah kesehatan yang perlu mendapatkan perhatian khusus. Dengan minum obat sakit gigi dan rajin menggosok gigi, sakit gigi tersebut akan segera hilang. Namun, lain hal dengan sakit gigi yang dialami oleh wanita hamil. Sakit gigi itu bukan hanya sekedar tanda bahwa kondisi kesehatan wanita hamil buruk, tapi juga ada kemungkinan hal buruk terjadi pada janin.



Sakit Gigi Saat Hamil



Sakit gigi bisa dikatakan sebagai keluhan kesehatan yang sering dialami oleh ibu hamil. Sakit gigi seperti morning sickness yang merupakan gejela hormonal. Produksi hormone yang tinggi memicu ibu mengalami masalah pada gigi.



Akan tetapi, khusus bagi ibu hamil tua, ibu benar-benar harus tahu dan menerapkan tips untuk menjaga kesehatan wanita hamil tua. Pasalnya, pada saat hamil tua, ibu lebih rentan terhadap sakit gigi. Untuk kasus ini, sebenarnya tidak hanya berhubungan dengan masalah hormone saja. Sakit gigi saat hamil tua juga sering disebabkan kekurangan kalsium. Padahal, zat berupa kalsium ini sangat diperlukan untuk kesehatan wanita hamil dan juga janin dalam kandungan.



Kebutuhan nutrisi pada masa kehamilan berlipat. Hal ini dikarenakan tidak hanya ibu saja yang membutuhkan nutrisi tapi juga bayi dalam kandungan ibu. Itulah mengapa ibu harus mensuplai lebih banyak nutrisi saat hamil untuk kesehatan ibu dan janin. Dalam hal ini, jika ibu kekurangan kalsium, maka bukan hanya kesehatan ibu saja yang terganggu seperti menderita sakit gigi, tapi kemungkinan kesehatan janin juga terpengaruh.



Namun, sakit gigi juga bisa dikarenakan bekteri. Untuk kasus seperti ini, ibu harus rajin membersihkan gigi. Selain itu, perhatikan juga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Karena sakit gigi bisa disebabkan beberapa hal, maka sebaiknya ibu konsultasi ibu hamil dengan dokter kandungan agar ibu tahu apa sebenarnya penyebab sakit gigi yang ibu alami.



Sakit Gigi dan Pengaruhnya Terhadap Kesehatan Janin



Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa ada kaitannya antara sakit gigi dengan ibu hamil. Salah satu penyebab ibu hamil sakit gigi adalah karena kekurangan kalsium. Ternyata, kalsium tersebut diambil oleh janin karena janin memerlukan kalsium untuk tumbuh kembangnya.



Oleh karena itu, jangan sepelekan sakit gigi. Jika ibu mengalami sakit gigi, itu artinya janin dalam kandungan kekurangan kalsium juga sehingga ia mengambil kalsium dari gigi ibu. Jelas sudah kenapa penting sekali menjaga kesehatan wanita hamil, bukan?



Bagi janin, kalsium sangat dibutuhkan untuk pembentukan tulang. Jika kekurangan kalisum, bisa saja bayi lahir dalam keadaan cacat. Untuk itu, perhatikan kesehatan wanita hamil tua ketika janin membutuhkan banyak nutrisi terutama kalsium untuk berkembang. Jika ibu menderita sakit gigi, ibu harus segera mengatasi. Ibu hanya perlu mengkonsumsi banyak makanan yang mengandung kalsium. Minum susu ibu hamil yang kaya akan nutrisi termasuk kalsium. Ini cara yang paling tepat untuk mengatasi masalah sakit gigi saat hamil.



Dari penjelasan tersebut di atas, diharapkan ibu semakin tahu dan tidak menyepelekan keluhan kesehatan yang kelihatannya tidak terlalu berbahaya seperti sakit gigi. Dengan penjelasan tentang kaitan antara sakit gigi dengan janin tersebut di atas, diharapkan ibu semakin serius untuk menerapkan tips untuk menjaga kesehatan wanita hamil.





Ditampilkan sebanyak : 461

Tolong beritahu kami apa pendapat Anda tentang blog ini


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman