SITE STATUS
Jumlah Member :
495.999 member
user online :
4127 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Berbagi Tugas Rumah dengan si Kecil

   

Berbagi Tugas Rumah dengan si Kecil



Tugas rumah tangga bukan hanya tugas Bunda semata. Anggota keluarga bukan hanya Bunda saja, bukan? Bunda bisa berbagi tugas dengan suami dan anak-anak di rumah. Selain itu membagi tugas pada anggota keluarga terutama si kecil dapat menumbuhkan rasa tanggung jawabnya. Dengan begitu ia kelak akan menjadi individu yang mandiri.

Membagi tugas rumah bukanlah hal yang menyebalkan, justru sebaliknya hal ini akan sangat menyenangkan bila kita tahu bagaimana caranya. Yang terpenting adalah kita tahu porsi setiap anggota saat membagikan tugas. Tentu tidak tepat bila si kecil yang masih 2 tahun mendapat tugas yang cukup berat. Nah untuk itu supaya tugas rumah tidak menjadi beban untuk para anak, berikut trik-nya :

1.  Diskusikan bersama
Buatlah suasana yang menyenangkan di ruang keluarga untuk berdiskusi membagikan tugas rumah. Khusus untuk si kecil berikan alternatif pilihan, misalnya ; “Adik mau m membantu menyiram tanaman atau membantu Ayah membersihkan halaman rumah.”. Jangan lupa untuk selalu mengevaluasinya setiap bulan. Hal ini juga mengajarkannya untuk berani berpendapat.
2. Komitmen
Komitmen berlaku untuk semua anggota keluarga termasuk Bunda. Bila Bunda menerapkan peraturan seluruh anggota keluarga harus mengembalikan barang ke tempatnya setelah dipakai, Bunda pun harus meletakkan majalah kembali ke rak setelah membacanya. Dan tanamkan pada anak bahwa mereka harus bertanggung jawab pada tugasnya masing-masing.
3. Lakukan dengan menyenangkan
Buatlah hari khusus untuk melakukan kerja bakti bersama di rumah. Hari libur adalah hari yang tepat. Misalnya membersihkan mobil bersama, membereskan ruang keluarga, dll. Sebagai bonusnya Bunda bisa menyiapkan kue-kue dan minuman kesukaan keluarga.
4. Bertema
Untuk menambah semangat Bunda bisa mendekor ruangan sesuai dengan perayaan tertentu. Misalnya tema Hari Kartini di bulan April ini. Mintalah anak-anak memasang foto idola wanita mereka. Jangan kaget ya, Bun bila ternyata mereka mengidolakan Bunda.  Jangan lupa untuk memasang foto sang nenek atau si tante
 
Penting untuk selalu Bunda ingat bahwa membagi tugas ini adalah suatu pembelajaran untuk si kecil tentang rasa tanggung jawab. Daripada memberikannya hukuman bila ia melanggar tugas, lebih baik Bunda cari cara supaya ia melakukannya. Misalnya menawarkan bantuan bekerja bersama-sama.
 
 
Tips :
Selalu berikan pujian, ciuman atau kecupan ketika si kecil berhasil melakukan tugasnya.
Tolong beritahu kami apa pendapat Anda tentang artikel ini


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman