SITE STATUS
Jumlah Member :
495.999 member
user online :
4129 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Hidup Lebih Sehat dengan Meditasi

   

Hidup Lebih Sehat dengan Meditasi



Jaman yang serba modern ini terkadang menuntut kita untuk berpikir dan bekerja terlalu keras. Akibatnya kita menjadi mudah stress dan stamina cepat menurun. Belum lagi pola makan dan tidur yang terganggu membuat kita tampak lesu dan tidak bergairah. Hal-hal ini seringkali dikeluhkan masyarakat, khususnya masyarakat Ibu kota. Kalau sudah seperti ini, tentu saja pikiran dan emosi negatif mudah sekali menyerang kita. Secara bertahap hidup sehat akan semakin menjauhi kita.

Jangan kuatir! Kita bisa menyambut kembali hidup sehat dengan berlatih fisik dan pikiran secara teratur. Siapa yang tidak tahu jenis dan manfaat dari berlatih fisik? Olahraga mulai dari yg dinamis seperti Berlari sampai yang statis seperti Yoga sangat membantu kesehatan fisik kita. Lalu bagaimana dengan berlatih pikiran?

Untuk melatih pikiran supaya tetap sehat kita dapat melakukan metode Meditasi. Meditasi bukanlah suatu pekerjaan yang sia-sia atau melamun seperti yang dianggap oleh beberapa orang. Meditasi adalah praktek rileksasi yang melibatkan pikiran yang kerap kali menarik, membebani dan mencemaskan kehidupan sehari-hari. Tujuannya tentu saja membuat kita bebas dari pikiran dan emosi yang negatif sehingga pikiran lebih terpusat. Dan mudah untuk konsentrasi. Berikut beberapa keuntungan lain bila melakukan meditasi secara rutin :
1. Mengurangi resiko penyakit jantung
2. Menurunkan tekanan darah tinggi
3. Mengatasi gangguan fungsi ginjal
4. Batin menjadi lebih tenang karena menurunnya hormon kortisol (hormon stress)
5. Hidup lebih bahagia karena mampu terus bersyukur dengan apa yang dterima

Intinya dengan melakukan meditasi, organ-organ dan sel-sel tubuh kita akan bekerja dengan baik. Kita tidak lagi terserang stress yang memacu adrenalin dan membuat napas menjadi tak teratur.

Cara Meditasi
Kita hanya perlu duduk bersila di atas alas yang lembut dan datar (matras, handuk atau bantal). Pastikan tubuh, khususnya kepala, leher, bahu, tulang belakang dan bokong berada pada posisi yang nyaman. Untuk pemula tidak perlu menutup mata namun fokus pada satu benda atau titik tertentu. Beberapa orang melakukannya dengan menatap api di atas lilin. Berkonsentrasilah pada tititk fokus tersebut dan mulailah menikmati napas dan rasakan perlahan ketegangan mulai menghilang. Ciptakan rasa tenang pada pikiran, rasa damai dan tentram di hati. Lalu secara perlahan lemaskan otot-otot tubuh mulai dari puncak kepala hingga ke ujung kaki. Lakukan selama 15-20 menit setiap hari.
 
Tips :
-       - putarlah musik yang menenangkan sehingga membuat kita semakin rileks
-       - pakai pakaian yang longgar yang tidak menghalangi gerak
-       - jauhkan wewangian yang menyengat seperti aroma masakan.
 
 

Tolong beritahu kami apa pendapat Anda tentang artikel ini


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman