SITE STATUS
Jumlah Member :
484.344 member
user online :
1947 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Menjelaskan Makna Idul Adha pada Anak

   

Menjelaskan Makna Idul Adha pada Anak



Hari Raya Idul Adha atau Lebaran Haji baru saja usai. Namun, bau tak sedap dari hewan kurban masih terasa di beberapa ruas jalan. Ya, lebaran haji yang beberapa orang menyebutnya dengan ibadah kurban memang identik dengan pemotongan hewan kurban, yakni kambing, sapi dan unta.

Ibadah kurban adalah suatu aktifitas penyembelihan hewan ternak yang dilakukan pada tanggal 11, 12, dan 13 Dzulhijah atau disebut juga hari Tasyrik (Hari raya Haji / Lebaran haji / Lebaran kurban / Idul Adha).

Untuk kita orang dewasa, pemotongan kurban mungkin bukanlah hal yang mengerikan. Tetapi bagi anak-anak bisa jadi hal yang menakutkan bahkan menimbulkan trauma. Wajah sedih para hewan ternak yang disembelih bisa terus terbayang di pikirannya.
Sebenarnya bagaimana sih menjelaskan makna Idul Adha pada anak-anak? Dan apa yang ada di pikiran mereka tentang lebaran haji ini?

Bila anak bertanya apa Idul Adha itu? Tentunya kita tidak bisa begitu saja menjawab itu adalah perintah Allah pada Nabi Ibrahim untuk menyembelih anaknya Ismail. Hal ini bisa membuatnya takut. Terlebih lagi bila ia baru saja melihat bagaimana hewan kurban disembelih secara langsung. Sebagai anak, bisa saja ia merasa kuatir bagaimana bila Allah memerintahkan Ayahnya untuk mengurbankan dirinya.

Kasih Sayang
Bunda bisa menjelaskan bahwa inti Hari Raya Idul Adha adalah kasih sayang. Kasih sayang terhadap orangtua kepada anaknya dan sebaliknya anak pada orangtuanya. Berikan contoh-contoh bagaimana kita harus saling menghargai dan menghormati antara anggota keluarga. Selain antar anggota keluarga, jelaskan betapa pentingnya kasih sayang antara umat satu dengan umat lainnya. Menunjukkan rasa sayang salah satunya dengan cara berbagi, seperti berbagi daging kurban.

Hewan Kurban
Beberapa anak mengalami trauma setelah melihat langsung prosesi penyembelihan hewan kurban. Maka dari itu sebaiknya kita tidak mengajaknya menyaksikan secara langsung pemotongan hewan kurban. Bila Bunda dan suami tahun ini memberikan hewan kurban, Bunda bisa mengajaknya membantu menyiapkan daging-daging yang siap diantar ke rumah-rumah warga. Ajak ia berkeliling rumah warga untuk memberikan daging kambing. Dengan begitu ia akan merasakan indahnya berbagi rejeki pada mereka yang membutuhkan.

Tips :
-       Bunda bisa mengajaknya belajar memasak di hari raya Idul Adha ini. Misalnya membantu menyiapkan bumbu semur, atau menata meja makan.

Tolong beritahu kami apa pendapat Anda tentang artikel ini


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman