SITE STATUS
Jumlah Member :
485.913 member
user online :
2342 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Olahraga OK Puasa pun Lancar

   

Olahraga OK Puasa pun Lancar



Bagi beberapa orang, puasa menjadi alasan untuk meninggalkan aktivitas olahraga. Padahal olahraga tetap bisa dilakukan selama berpuasa. Hanya saja Bunda harus tahu apa saja hal-hal yang perlu diperhatikan sehingga olahraga tidak mengganggu ibadah puasa.
 
Berikut hal-hal yang perlu diperhatikan;

1.      Pemilihan Waktu
Jangan asal memilih waktu berolahraga. Bunda bisa berolahraga pada saat:
-       Menjelang berbuka puasa
Bila berolahraga saat menjelang berbuka, cairan yang hilang akan segera tergantikan pada saat berbuka puasa.
-       Setelah berbuka puasa
Berikan jarak waktu berbuka dengan berolahraga sekitar 2-3 jam. Hal ini untuk menghindari terjadinya keluhan pencernaan.
-       Setelah shalat Tarawih
Sebaiknya tidak melakukan olahraga di waktu ini. Tetapi bila tidak ada waktu lagi boleh dilakukan. Hanya saja yang perlu diingat adalah selesaikan olahraga 3 jam sebelum tidur. Berolahraga memacu adrenalin, sehingga bila terlalu dekat dengan waktu tidur, Bunda cenderung mengalami sulit tidur.
2.      Durasi
Sebaiknya lupakan dulu target menurunkan berat badan dengan berolahraga saat puasa. Olahraga saat puasa bertujuan agar menjaga tubuh tetap fit dan menghindari terjadinya penimbunan lemak akibat makan yang sering berlebihan saat berbuka. Jadi Bunda tak perlu memaksakan diri berolahraga 1 jam. Bila tidak ingin kehilangan waktu berolahraga, tambah saja frekuensi olahraga setiap minggunya.
3.      Jenis Olahraga
Saat berpuasa akan terjadi penurunan metabolisme tubuh. Untuk itu pilih jenis olahraga yang ringan, seperti yoga, berjalan, jogging, atau bersepeda.
4.      Gizi seimbang
Asupan gizi di bulan Ramadhan sangat penting untuk menjaga tubuh tetap fit dan bugar. Berolahraga membutuhkan energi. Bila tubuh tidak di-cover dengan gizi yang baik, aktivitas olahraga pun ikut terganggu. Perbanyak konsumsi buah dan sayur.
 
Supaya stamina dan tubuh tetap sehat aturlah pola tidur Bunda. Mungkin selama bulan puasa pola tidur akan sedikit terganggu demi menyiapkan menu sahur untuk keluarga. Tidurlah kapan saja Anda memiliki waktu untuk beristirahat.
 
Tips :
-       Pemanasan dan pendinginan tetap harus dilakukan.
-       Konsumsi cukup air 6-8 gelas sehari untuk menghindari kurang cairan.
 
Tolong beritahu kami apa pendapat Anda tentang artikel ini


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman