SITE STATUS
Jumlah Member :
482.225 member
user online :
2462 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Tanamkan & Tingkatkan Nasionalisme Bersama Buah Hati

   

Tanamkan & Tingkatkan Nasionalisme Bersama Buah Hati



Indonesia baru saja merayakan Hari Kemerdekaan yang ke-66 tahun. Berbagai dekorasi merah putih di jalan jalan dan berbagai pusat perbelanjaan menambah kemeriahan pesta kemerdekaan. Pesta Kemerdekaan Republik Indonesia adalah moment yang ditunggu-tunggu setiap warga negara Indonesia. Mulai dari lomba makan kerupuk, balap karung, membawa kelereng di sendok,  sampai puncaknya panjat pinang tidak pernah absen dilakukan warga Indonesia.

Anak-anak tidak ketinggalan menantikan pesta kemerdekaan Indonesia di setiap wilayahnya. Biasanya panitia lomba akan memberikan lomba khusus anak-anak, seperti lomba mewarnai dengan tema 17 Agustus, lomba menghias sepeda yang bernuansa merah putih, dan berbagai lomba lain yang menumbuhkan rasa nasionalisme anak.

Sebagai orangtua kita perlu menanamkan rasa cinta anak-anak pada bangsa Indonesia (nasionalisme). Dengan begitu ia menghargai jerih payah beberapa tokoh yang memperjuangkan kemerdekaan dan ia pun bangga menjadi anak Indonesia. Tetapi, sebenarnya seberapa pentingkah anak-anak diajarkan tentang nasionalisme?

Nasionalisme sangat penting diajarkan pada anak-anak dan akan sangat baik bila tidak hanya menjelang hari kemerdekaan saja. Nasionalisme harus ditumbuhkan supaya anak-anak memiliki jiwa patriotisme yang akan sangat berguna sebagai Sumber Daya Manusia Indonesia. Anak-anak inilah yang nantinya akan menjaga tanah air tercinta ini dari berbagai kehancuran. Budi pekerti yang mulia harus ditanamkan sejak dini sebagai bentuk warisan nenek moyang kita.

Namun, sebelum menanamkan nasionalisme pada anak kita pun perlu meningkatkan rasa cinta tanah air kita terlebih dahulu. Berikut beberapa trik yang bisa kita lakukan bersama si kecil di rumah :

• Ajak anak untuk membantu memasang bendera di depan rumah.
• Perkenalkan kembali anak-anak tentang budaya dan alam Indonesia, misalnya dengan melakukan permainan tradisional bersama.
• Gambarkan betapa pentingnya mencintai dan menjaga lingkungan.
• Hiasi kamar dengan nuansa merah putih. Biarkan si kecil menuangkan aspirasinya. Bantulah ia bila dirasa perlu, misalnya menggunting kertas krep.
• Nyanyikan lagu-lagu nasional, seperti : Hari Merdeka, Benderaku, Garuda Pancasila, dan lagu lainnya. Bila ia belum hapal, tuliskan syair di kertas dan Bunda bisa menempelkannya di dinding lemari es misalnya.
• Sebelum mereka tidur ceritakan bagaimana perjuangan pahlawan-pahlawan Nasional, dan petiklah pelajaran bahwa mereka pun harus memperjuangkan cita-citanya untuk Indonesia.
 
Selamat Hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Merdeka!!!!!
 
 
Tolong beritahu kami apa pendapat Anda tentang artikel ini


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman