SITE STATUS
Jumlah Member :
481.841 member
user online :
1918 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Buah-buahan yang Sebaiknya Tidak Disimpan di Kulkas

   

Buah-buahan yang Sebaiknya Tidak Disimpan di Kulkas



Umumnya hampir semua rumah tangga akan menyimpan bahan makanan, minuman ringan, buah-buahan hingga makan yang tidak habis di dalam kulkas atau lemari es. Tapi, apakah selamanya kulkas itu akan menjalankan fungsinya untuk 'mengamankan' makanan atau minuman yang kita konsumsi?

Faktanya, tidak. Lemari es justru bisa mengubah kualitas gizi yang terkandung di dalam makanan atau minuman itu sendiri. Malah, bisa saja mempercepat pembusukan.

Menyimpan buah di kulkas memang membuatnya lebih awet. Tetapi ternyata ada beberapa buah yang kurang cocok untuk disimpan di kulkas, diantaranya :

1. Buah berry
Rasa buah berry seperti strawberry, blueberry, dan raspberry paling enak saat disimpan di suhu ruang. Tetapi kualitasnya juga lebih cepat menurun. Jadi jika Anda berencana memakannya nanti, menyimpan berry dalam kulkas jadi pilihan terbaik.

2. Semangka
Buah-buahan manis segar seperti semangka, melon, dan cantaloupe (melon jingga) juga kurang cocok disimpan di kulkas. Pasalnya penyimpanan di suhu ruang lebih disarankan karena rasa manis buah akan maksimal. Menyimpan di suhu ruang juga bantu mempertahankan kandungan antioksidan di dalamnya. Meski begitu, saat semangka atau melon dipotong, sebaiknya langsung disimpan di kulkas untuk mencegah bakteri tumbuh.

3. Tomat
Agar tomat tetap terasa manis, hindari menaruh tomat yang belum matang sempurna di kulkas. Pendinginan merusak enzim yang bertanggung jawab memberi rasa manis pada tomat. Namun ada pengecualian, ketika tomat terlalu matang saat dibeli sebaiknya taruh di kulkas. Ini untuk mencegah tomat busuk.

4. Apel
Menyimpan apel di kulkas bukannya tidak boleh tetapi tidak perlu. Apel dapat bertahan di suhu ruang selama satu hingga dua minggu. Jika setelahnya masih ingin disimpan, barulah taruh di kulkas. Pastikan menaruh apel terpisah dari buah dan sayur lainnya. Pasalnya apel mengandung ethylene, gas yang membuat buah dan sayur lebih cepat matang.

5. Alpukat
Seperti buah lainnya, menyimpan alpukat di kulkas juga mengganggu proses pematangannya. Sebaiknya jika ingin dimakan segera, taruh alpukat di suhu ruang.

6. Pisang
Menaruh pisang di kulkas tak hanya mengganggu proses pematangan, tetapi juga membuat kulitnya menghitam. Ini karena pisang tidak memiliki pertahanan alami terhadap dingin. Kalau mau menyimpannya di kulkas, biarkan pisang beberapa hari di suhu ruang terlebih dahulu.

7. Mangga
Mangga mentah atau mengkal, sebaiknya tetap taruh di suhu ruang agar proses pematangannya tidak terganggu. Sebaliknya, menyimpan mangga di kulkas justru akan melambatkan proses pematagan.

Tolong beritahu kami apa pendapat Anda tentang artikel ini


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman