SITE STATUS
Jumlah Member :
489.870 member
user online :
957 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Bila si Kecil kehilangan Pengasuhnya

   

Bila si Kecil kehilangan Pengasuhnya



Tidak sampai dua minggu lagi kita akan merayakan Idul Fitri. Kebanyakan Bunda yang tinggal di kota besar mulai merasa panik. Pasalnya Bunda harus turun tangan langsung melakukan pekerjaan rumah tangga yang biasanya ditangani pembantu. Mulai dari mencuci pakaian, membersihkan rumah, sampai memasak.

Belum lagi si kecil yang ditinggal pengasuhnya. Bagi Bunda yang sehari-hari hanya di rumah mungkin tidak terlalu bermasalah. Namun, untuk Bunda yang sibuk bekerja dan sulit meluangkan waktu untuk si kecil hal ini bisa menjadi persoalan.

Karena banyaknya waktu yang dihabiskan si kecil bersama pengasuhnya, mungkin menimbulkan kedekatan antara mereka berdua. Ketika pengasuhnya pulang kampung giliran Bunda yang kewalahan.

Hj. Fitriani F. Syahrul Msi, Psi. Direktur TK-SD Lentera Insan, Depok sekaligus Dosen Psikologi di PAUD Universitas Al Azhar Indonesia, Jakarta memberikan beberapa masukan supaya Bunda tetap cakap menangani masalah ini.
  • Mulai dekati kembali si kecil sebulan sebelum lebaran.
    Ketika Ramadhan kebanyakan kantor memulangkan karyawannya lebih cepat. Jangan lagi menghabiskan waktu di café bersama teman, justru manfaatkanlah waktu untuk mendekatkan diri dengan si kecil. Misalnya bermain bersama, membantu PR sekolahnya, atau menemaninya tidur.
  • Beri penjelasan
    saat bersama si kecil sering-seringlah menjelaskan bahwa sebentar lagi lebaran dan semua orang ingin berkumpul bersama keluarganya, begitu juga pengasuhnya. Katakan saat pengasuhnya pulang kampung semua urusan si kecil yang biasa ditangani pengasuh, kini mejadi tugas Bunda.
  • Pembagian tugas
    buatlah pembagian tugas seluruh anggota keluarga (kecuali bayi). Misalnya sang kakak sudah bisa ditugasi cuci piring atau membantu ibu menjemur pakaian. Sementara si kecil bisa membantu Bunda menyiram tanaman. Jangan lupa untuk menciptakan suasana yang ceria saat melakukan tugas.
  • Luangkan waktu bersama minimal 15 menit sehari
    untuk menghindari si kecil terlalu dekat dengan pengasuh, usahakan selalu meluangkan waktu bersama si kecil minimal 15 menit sehari. Waktu emas menghabiskan waktu bersama anak adalah menjelang tidur. Ajak dia untuk bercerita kegiatannya hari itu.
Tips :
Jangan sekali-sekali membiarkan si kecil ikut pengasuhnya pulang kampung meski pun hanya 1 hari! Selain mengurangi ikatan orangtua dan anak bunda juga kehilangan kesempatan bermain dengan si kecil kala liburan
Tolong beritahu kami apa pendapat Anda tentang artikel ini


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman