SITE STATUS
Jumlah Member :
484.504 member
user online :
2353 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Gaya Hidup Sehat, Tubuh Lebih Kebal

   

Gaya Hidup Sehat, Tubuh Lebih Kebal



Sebagai sebuah pola hidup yang bertujuan mempertinggi kualitas hidup, terutama mereka yang aktif bergerak, sebaiknya Anda juga mengadopsi berbagai kebasaan di bawah ini:
1. Mengenali sejarah penyakit keluarga Anda Dengan mengetahui sejarah penyakit ibu, saudara kandung, dan nenek, Anda bisa cepat mendiskusikan suatu masalah bersama dokter. Jadi, penyakit keturunan bisa dicegah atau disembuhkan sebelum terlalu parah. Penyakit keturunan ini misalnya diabetes, kanker, dan darah tinggi.
2. Konsumsi lemak yang baik
Pertahankan masukan lemak kurang dari 30% dari total konsumsi makanan. Lemak paling sehat untuk tubuh adalah lemak tak jenuh yang berasal dari minyak zaitun dan canola, serta dari lemak ikan dan minyak sayur. Lemak jenuh juga diperlukan tubuh, tapi porsinya tidak berlebihan. Lemak ini berasal dari daging-dagingan berwarna merah dan makanan yang mengandung susu. Tubuh membutuhkan zat lemak untuk menambah energi, media penyerapan untuk beberapa vitamin, memproduksi hormon seks, dan mempertahankan kesehatan kulit.
3. Prioritaskan tidur Kebanyakan orang perlu 7-9 jam istirahat setiap malamnya. Untuk mengoptimalkan waktu tidur, di saat libur cobalah untuk tidur lebih cepat dari biasanya dan bangun dengan sendirinya. Seminggu menjalani hal ini, tubuh Anda akan menjadi segar. Lalu, praktekkan jadwal tidur ini pada hari kerja. Tidurlah lebih awal, jangan menunggu sampai Anda merasa lelah. Jam tidur Anda akan teratur.
4. Check up tahunan Check-up ke dokter berguna untuk mendeteksi dini penyakit yang muncul tanpa ada gejalanya. Bagi wanita menikah, check-up ke ginekolog akan lebih baik lagi.
5. Pertahankan berat badan ideal Tetap sehat dengan berat badan ideal dapat mencegah penyakit diabetes, kanker payudara, dan penyakit lainnya. Bila berat badan Anda selalu naik turun dalam jangka waktu yang tidak terlalu lama, sistem metabolisme tubuh jadi kacau. Sehingga, semakin bertambah usia, semakin sulit berat badan ideal didapatkan, karena semakin sulit membakar kalori yang ada dalam tubuh.
6. Menjaga kesehatan gigi dan gusi Gusi yang mudah berdarah mengindikasikan penyakit gusi yang masih meradang. Suatu penelitian membuktikan adanya hubungan antara penyakit gigi dan gusi dengan penyakit jantung, diabetes, dan penyakit paru-paru. Untungnya, penyakit gusi dapat dicegah dan diobati. Kuncinya adalah dengan menyikat gigi dengan benar selama 2 menit dua kali sehari, dan membersihkan samping gigi dengan dental floss (benang khusus membersihkan gigi). Jangan lupa memeriksakan gigi ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali.
7. Mengonsumsi makanan yang kaya kalsium
Makan, olahraga, dan kebiasaan hidup lainnya (misalnya, merokok) dapat memengaruhi massa tulang Anda, dalam hal positif maupun negatif. Maka dari itu, sangat penting untuk memperoleh masukan kalsium 1.000 mg per hari. Konsumsi juga makanan yang kaya kalsium, seperti keju rendah lemak, yoghurt, bayam, dan jus jeruk. Mengonsumsi suplemen memang baik, namun memperoleh zat kalsium dari makanan sesuai kebutuhan akan lebih baik lagi.
8. Jauhi alkohol
Minuman beralkohol dapat meningkatkan risiko kerusakan lever serta menjadi pencandu alkohol. Bila Anda dapat menghindarinya, berarti Anda juga melindungi kesehatan jantung. Hindari minuman beralkohol agar hidup lebih sehat.
Tolong beritahu kami apa pendapat Anda tentang artikel ini


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman