SITE STATUS
Jumlah Member :
485.997 member
user online :
2216 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Cegah Anak Menjadi Picky Eater!

   

Cegah Anak Menjadi Picky Eater!



Putra atau putri Bunda sulit makan? Atau si kecil hanya mau makan apa yang ia suka saja, misalnya telur saja atau kentang saja. Bila Bunda memberinya makanan lain ia langsung menolaknya. Bisa jadi ia sudah menjadi picky eater (pemilih makanan).

Kenapa hal ini bisa terjadi?
Perilaku memilih makanan ini terjadi karena anak tidak mengenal variasi makanan. Selama ini ia hanya  makan makanan yang itu-itu saja. Kalau pun diberikan dan ia menolak, mungkin Bunda tidak menjelaskannya. Berikan gambaran bahwa ikan dagingnya lembut, rasanya sedikit asin dan gurih atau jagung rasanya manis. Bila Bunda hanya menuruti kemauannya ia tidak akan memiliki referensi rasa. Untuk itu Bunda perlu mencari cara bagaimana supaya anak dapat menikmati aneka ragam makanan yang berbeda. Buatlah menu berbeda yang menarik  setiap harinya.

Porsi, tekstur dan rasa makanan
Untuk mengajarkannya menikmati makanan Bunda perlu memperhatikan beberapa hal. Misalnya porsi makan. Porsi anak usia 8-12 bulan tentu saja berbeda dengan anak di atas 1 tahun. Begitu juga dengan tekstur makanan. Anak yang belum tumbuh gigi makanannya harus lebih halus dari yang sudah tumbuh gigi. Membuatkan aneka bubur susu dengan berbagai rasa bisa menjadi pilihan. Bunda bisa mencampur ASI dengan bubur nasi, buah dan sayuran dengan cara diaduk. Dengan begitu si kecil lebih mudah memakan bubur karena lebih encer.
Rasa makanan juga tak kalah pentingnya. Untuk memberikan kesan positif pertama kali, olah makanan seenak mungkin sehingga anak tidak jera untuk mencobanya lagi. Berilah sedikit garam untuk menambah gurih. Selain itu ia juga belajar mengenal rasa asin. Bisa juga Bunda menambahkan kecap manis di makanan dan biarkan ia mengenal rasa manis kecap sehingga ia berpikir, “Oh rasa manis bukan hanya datang dari gula ya.”.

MSG
Biasanya untuk memberikan rasa kaldu yang kuat Bunda memberikan MSG di makanan. Jangan memberinya MSG mengingat efek negatifnya yang merugikan. Jangan ambil resiko dengan jalan pintas seperti itu. Buatkan kaldu asli untuknya.
Tips agar si kecil mau makan :
Bentuklah makanan menjadi menarik, misalnya dengan menggunakan cetakan bintang, bulan, bunga, dll.
Bila ingin memberikan bayam tambahkan jagung atau wortel. Warna yang muncul akan lebih menarik.
Bila Bunda tak suka makanan tertentu, jangan tunjukan di depannya karena ia bisa meniru kebiasaan itu.

Tolong beritahu kami apa pendapat Anda tentang artikel ini


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman