SITE STATUS
Jumlah Member :
480.593 member
user online :
1028 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Jaga Asupan Gizi Keluarga

   

Jaga Asupan Gizi Keluarga



Makanan adalah sumber energi seseorang tak terkecuali anak-anak. Pastinya Bunda merasa bertanggung jawab dengan asupan makanan keluarga terutama si kecil, supaya gizinya tetap terjaga dalam status yang baik.

Setiap bahan makanan memiliki manfaat tertentu pada beberapa organ dan bagian tubuh kita. Untuk dapat memilih makanan yang tepat sebaiknya Bunda memahami jenis makanan tertentu yang dapat menunjang kesehatannya, seperti:

1.   Tulang

Untuk menjaga kesehatan tulang kita perlu mengonsumsi Vitamin D. Idealnya Vitamin D dapat diproduksi oleh tubuh saat tubuh kita terpapar sinar matahari pagi. Tetapi terkadang kesibukan membuat kita malas berolahraga pagi, sehingga produksi Vitamin D dalam tubuh pun terhambat. Maka dari itu kita perlu mendapatkan Vitamin D dari makanan. Vitamin D terdapat dalam bahan makanan seperti, jamur, minyak hati ikan Cod, ikan tuna, telur, makanan yang terbuat dari kedelai, salmon dan tiram.

2.   Pencernaan

Salah satu ciri seseorang memiliki gizi yang baik yaitu lancar Buang Air Besar (BAB) setiap hari. Bunda harus memberikan bahan makanan yang dapat merangsang BAB. Sayuran dan buah-buahan berserat tinggi adalah makanan terbaik untuk pencernaan. Selain sayur dan buah makanan yang baik untuk pencernaan adalah gandum utuh, yoghurt dan asparagus. Batasi makanan pedas, minuman berkafein, soda dan susu bagi Bunda dan keluarga yang memiliki intoleransi laktosa.

3.   Kulit

Kulit yang kering dan kusam merupakan salah satu tanda kulit tidak sehat. Untuk mendapatkan kulit yang sehat kita perlu menjaganya dengan makanan yang tepat. Makanan seperti kefir kelapa dapat membantu kesehatan kulit. Kefir kelapa adalah air kelapa murni yang difermentasikan dengan bakteri baik. Biasanya kefir kelapa dapat ditemukan dalam bentuk yoghurt. Biji wijen hitam, buah bit, lemon, kubis merah, kuaci biji labu dan tomat adalah makanan lain yang dapat membantu kesehatan kulit.

4.   Imunitas

Yoghurt dapat membantu imunitas karena mengandung probiotik yang dapat membantu tubuh melawan penyakit. Selain yoghurt, kenari juga baik untuk imunitas karena memiliki lemak asam omega 3. Berikan sayuran dan buah-buahan bervitamin C seperti jeruk, stroberi, paprika, brokoli dan kentang manis. Bukan hanya itu, daging tanpa lemak mengandung protein yang penting untuk imunitas karena membantu sel darah putih melawan infeksi.

Nah, itulah jenis makanan yang dapat memenuhi gizi keluarga Bunda agar tetap baik. Cukupilah orang-orang tersayang dengan beberapa bahan makanan di atas setiap harinya. Untuk masalah menu pasti Bunda jagonya. Berkreasilah menu makanan setiap hari agar seluruh anggota keluarga lebih suka makanan di rumah daripada di luar.

Tips:

- untuk bayi di bawah 6 bulan cukup berikan ASI tanpa air atau makanan lain. Perhatikan gizi Bunda dengan bahan makanan di atas supaya gizi si kecil tetap terpenuhi melalui ASI.

- hati-hati dengan produks olahan susu. Pada beberapa orang bisa menimbulkan alergi.

Tolong beritahu kami apa pendapat Anda tentang artikel ini


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman