SITE STATUS
Jumlah Member :
458.180 member
user online :
1387 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Makanan untuk Ibu Menyusui

   

Makanan untuk Ibu Menyusui

Posted:2016-11-23 13:55:47


Bagi para bunda yang sedang menyusui sebaiknya mengkonsumsi makanan bergizi dalam jumlah yang lebih banyak. Menurut Dr. William Sears dalam bukunya The Baby Book, bila Bunda menyantap makanan yang baik dan sehat, maka Bunda akan memiliki lebih banyak energi, seperti pada masa nifas dan saat stres karena menjadi ibu baru. Untuk gizi seimbang, Dr. Sears menyarankan kelima kelompok makanan dasar ini:

1. kelompok nasi, serealia, roti gandum, atau pasta
2. kelompok sayuran
3. kelompok buah-buahan
4. kelompok ikan, daging, unggas, kacang kering, telur, dan kacang
5. kelompok susu, yoghurt, dan keju.

Selain itu, makanan yang dapat dikonsumsi oleh Ibu menyusui adalah jenis makanan yang sebaiknya dapat menambah kalori kira-kira 500 kkal, diantaranya adalah:
1. Minum air putih lebih banyak, karena Ibu menyusui akan merasa lebih cepat haus. Sebagian cairan tersebut digunakan untuk memproduksi ASI. Ibu Menyusui sedikitnya minum 2 liter air putih per hari. Hal tersebut juga disertai konsumsi susu dan buah, sehingga cairan dalam tubuh cukup. 
2. Perbanyak konsumsi makanan yang mengandung protein,kalsium dan zat besi/zinc seperti daging (ayam, sapi, kambing), ikan (salmon, tuna), susu dan olahannya (keju dan yoghurt), telur, daun-daunan hijau (sayur bayam, kangkung, katuk),kacang kedelai, brokoli, buncis, jus wortel serta buah-buahan dan sayur yang mengandung vitamin c. 

Tips:
Pantangan makanan Ibu menyusui adalah makanan yang menyebabkan alergi dan beresiko mengandung merkuri.

Tolong beritahu kami apa pendapat Anda tentang artikel ini


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman