SITE STATUS
Jumlah Member :
506.511 member
user online :
472 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi
Pusat informasi - hello dok


hello dok
hello dok

mau tanya apa benar jika ibu hamil yg usia kandungan nya sudah di trimester ketiga tidak boleh sering tidur untuk mendapati bayi bersih ?
19 Jun 2018, 9:39
Dari : Deni3

Jawaban
Hi Bunda,

Kami, dari Tim Helpdesk akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.



Kutipan dari Berita yang berjudul " Nagita Slavina Doyan Tidur Semenjak Hamil " :Semenjak berbadan dua, Nagita Slavina istri Rafi Ahmad mengalami beberapa perubahan. Diakui oleh sang suami, perubahan yang dialami oleh wanita yang akrab di sapa Gigi adalah pertambahan berat badan yang drastis dan jadi sering tidur.


Meskipun sering tidur, menurut Rafi justru Gigi tidak manja. Hamil tak menjadi halangan bagi Gigi untuk tetap kuat beraktivitas seperti biasa tanpa meminta bantuan darinya. Meskipun membebaskan sang istri untuk tetap beraktivitas, namun presenter musik pagi tersebut tetap memperhatikan dan mengingatkan agar Gigi menjaga kondisi kandungannya.

Sebenarnya Wanita yang sedang hamil bisa tidur lebih lama daripada biasanya atau sebelum hamil, khususnya pada saat trimester pertama. hal yang normal jika ibu hamil merasa lebih lelah, karena tubuhnya sekarang harus bekerja lebih banyak untuk menjaga dan memelihara perkembangan janin. Pada masa ini tubuh akan membentuk plasenta atau organ yang memelihara janin hingga ia lahir, memproduksi darah lebih banyak, dan jantung lebih cepat memompa darah. Dengan demikian, cukup mendapatkan waktu tidur yang baik tentu akan bermanfaat bagi wanita hamil, demi kesehatan dirinya serta janin yang ia kandung. Akan tetapi sulit tidur adalah masalah umum dikalangan ibu hamil. Menurut DR. dr. Noroyono Wibowo, SPOG(K) Ibu hamil yang tidak bisa tidur atau insomnia di malam hari, jangan dianggap enteng.Jika terlalu sering kurang tidur, tekanan darah ibu hamil bisa semakin meninggi dan akibatnya menimbulkan pre-eklampsia.



Berikut ini jawaban Bidan pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " rindu yoveri " dengan judul pertanyaan " efek tidur pagi di uk 37w " pada Tanya Bidan:ass bundaa, nama saya rindu, baru hamil anak pertma, uk 37 w ini udah jarang bisa tudr malam, jadi ngantuk nya pagi kira2 jam 9 ,, kalo tidur pagi kta nya gak baik bunda, apa bner bisa menaikkan drah putih ?? ataw ada efek lain, tolong jwabn nya ya bundaa. maksiii :)

Bidan menjawab
Wa'alaykumussalam bunda Rindu Yoveri,
Larangan tidur siang untuk bumil (ibu hamil) serta bufas (ibu nifas), sebenarnya bukan karena dapat menyebabkan darah putih naik, tetapi dikhawatirkan bunda tidak dapat beristirahat dimalam hari, dan dapat menyebabkan bayi menjadi kurang perhatian. Perubahan hormon selama masa kehamilan menyebabkan bunda merasakan lemah, lelah, letih, dan lesu. Apalagi bila bunda mengalami kurang tidur, dapat berdampak buruk pada kesehatan bunda serta janin. Walaupun tidak dapat membayar hutang tidur malam, namun tidur siang yang cukup dapat mengembalikan energi yang hilang. Sangat disarankan untuk istirahat tidur disiang hari.Sebaiknya mengatur waktu tidur siang, agar tidak mengganggu jam tidur malam, karena tidur siang yang terlalu lama dapat menyebabkan sulit tidur pada saat malam hari.

Link yang disarankan :
Jenis :
Jenis : Berita
Jenis : Berita
Jenis :
Jenis : Berita
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Artikel
Jenis : Berita
Jenis :
Jenis :