SITE STATUS
Jumlah Member :
506.982 member
user online :
397 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

berita



Posisi Tidur untuk Ibu Hamil

(Posted:2011-11-30 17:55:05)

Bunda yang tengah hamil seringkali mengeluhkan masalah posisi tidur. Terutama bagi Bunda yang usia kehamilannya sudah besar. Bagaimana posisi tidur yang baik untuk Bunda yang kehamilannya sudah besar?

Menurut dr. Tanti Retnowati, tidur dengan posisi miring (sleep on side) dianjurkan bagi ibu hamil. Dengan posisi kiri bertumpu pada tempat tidur dapat meningkatkan jumlah darah dan nutrisi yang mencapai plasenta pada bayi di dalam kandungan.  Tidak hanya itu, posisi tidur tersebut juga dapat membuat janin terhindar dari tekanan organ hati Bunda yang terletak di sebelah kanan. 

Pada posisi sleep on side Bunda juga dapat menyelipkan bantal pada kedua lutut, kemudian posisi lutut menekuk. Bila Bunda merasa sakit pada punggung, Bunda dapat mengganjal punggung Bunda dengan bantal agar lebih merasa nyaman.

Lalu, seperti apa posisi tidur yang sebaiknya dihindari oleh ibu hamil? Bagi ibu hamil, sebaiknya menghindari posisi tidur telentang, terutama bagi ibu hamil dengan usia kehamilan lanjut bisa membuat tubuh bayi di salam kandungan menekan pembuluh  darah besar pada bagian tubuh belakang Bunda sehingga membuat Bunda sering menderita pusing.
 

berita lainnya :

Tolong beritahu kami apa pendapat Anda tentang artikel ini


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman