SITE STATUS
Jumlah Member :
253.403 member
user online :
3908 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

berita



Hamil Tua Alice Norin Susah Tidur

(Posted:2016-12-07 14:16:15)

Anugerah terindah tengah dirasakan Alice Norin setelah lima tahun menanti buah cintanya Alvin Yudhapatria, kini usia kandungan memasuki trimester akhir. Mengenai kehamilan pertama ini, membuatnya sering keluar masuk toilet, susah tidur dan beberapa keluhan lainnya.



Bintang film Ketika Cinta Bertasbih merasakan lebih sering ke toilet semenjak usia kandungan memasuki tujuh bulan. Ia pun merasakan badannya pegal-pegal terutama bagian pinggang dan mengalami susah tidur lantaran perutnya sudah semakin membesar dan janin selalu bergerak, bahkan jika janin cegukan pun terasa. Saat tidur Ia merasakan sulit bergerak ke kanan atau ke kiri, miring salah, bisanya hanya dalam posisi telentang. Namun dalam laporan penelitian yang dimuat International Journal of Gynecology and Obstetrics, peneliti mengungkapkan bahwa alasannya adalah tidur telentang akan memicu berat lahir bayi menjadi rendah dan lebih berisiko menyebabkan bayi lahir mati. Tidur telentang bisa menyebabkan tekanan pada pembuluh darah utama dan vena cava inferior (pembuluh balik besar bawah) darah bisa meningkat. Tekanan ini bisa menghambat peredaran darah ke tubuh ibu, termasuk ke janin. Begitu pula menurut pedapat ketua tim penelitian di Australia, Dr. Adrienne Gordon dari Royal Prince Alfred Hospital, Sydney, temuan ini sesuai dengan hasil studi sebelumnya yang menunjukkan bahwa tidur telentang dalam waktu lama dapat menghambat aliran darah dari sang ibu ke bayinya. Selain telentang, para wanita hamil juga disarankan untuk tidak tidur miring ke kanan karena kedua posisi itu sama-sama mengurangi suplai darah ke rahim.

Ibu hamil akan disarankan untuk tidur dengan posisi miring ke kiri, karena membantu menjaga rahim dari organ besar yang ada di tubuh. Serta tidur dengan posisi ke kiri juga meningkatkan peredaran darah ke jantung dan aliran darah yang baik ke janin, rahim dan ginjal. Pergeseran posisi saat tidur merupakan bagian yang alami. Jika sudah memasuki usia kehamilan trimester ketiga, pergeseran posisi kadang bisa membangunkan tidur dan membuat rasa tidak nyaman. Wajar bila ibu hamil sulit untuk tidur nyenyak di malam hari karena dapat mengalami berbagai keluhan. Meskipun begitu ada beberapa hal yang bisa dilakukan oleh ibu hamil untuk membantunya tidurnya tetap nyaman, seperti menempatkan bantal di bawah perut, diantara kaki atau dibelakang punggung untuk menjaga posisi dan meringankan tekanan pada perut, lakukan relaksasi sebelum tidur, membiasakan tidur dan bangun tidur di jam yang sama tiap harinya. Hindari minum teh, kopi atau minuman soda karena mengandung kafein. Lakukan olahraga teratur misalnya senam hamil. 


berita lainnya :

Tolong beritahu kami apa pendapat Anda tentang artikel ini


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman