SITE STATUS
Jumlah Member :
484.373 member
user online :
2143 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

frequently asked questions

Seputar masalah bayi
  • Q : bayi saya seharusnya di imunisasi namun telah lewat dari tanggal imunisasi yang telah di jadwalkan, apa yang harus saya lakukan?

    A : Bunda jangan panik dan tetap memberikan imunisasi kepada bayi anda bila keterlambatan dari tanggal yang telah di tentukan telah terlewati namun tidak terlalu jauh. Bila jadwal imunisasi terlewati jauh, bunda sebaiknya konsultasikan kepada dokter anak anda, ada yang berpendapat akan di jadwalkan di periode berikutnya, namun ada juga dokter yang akan melakukan imunisasi itu segera mungkin.


  • Q : Apakah imunisasi aman? Apakah ada efek samping pada anak saya?

    A : Vaksin yang digunakan di Indonesia terbukti aman dan di bawah pengawasan WHO serta di eksport dan digunakan oleh banyak Negara lain di dunia ini. Apabila setelah penyuntikan vaksinasi terdapat efek samping seperti  demam ringan sampai tinggi, bengkak, kemerahan, agak rewel. Itu adalah reaksi yang umum terjadi setelah imunisasi. Umumnya akan hilang dalam 3-4 hari, walaupun kadang-kadang ada yang berlangsung lebih lama.
    Boleh diberikan obat penurun panas tiap 4 jam, dikompres air hangat, pakaian tipis, jangan diselimuti, sering minum ASI, jus buah atau susu. Bila tidak ada perbaikan, atau bertambah berat segera kontrol ke dokter. (dikutip dari website resmi IDAI www.idai.or.id)


  • Q : Kapan bayi mulai dapat diberi makanan padat?

    A : bayi diberikan ASI eksklusif sampai ia mencapai umur 6 bulan dan dapat mulai diperkenalkan pada jenis makanan padat setelah ia sudah mencapai usia 6 bulan. Mulailah dengan makanan padat yang dilunakkan seperti bubur nasi atau nasi tim.


  • Q : mengapa anak saya mengalami keterlambatan / lebih cepat dalam hal pertumbuhan dari anak sebayanya? Apakah anak saya normal?

    A : terkadang seorang anak mengalami pertumbuhan dan perkembangan sedikit terlambat ataupun lebih dahulu dibandingkan dengan anak lain sebayanya. Hal ini masih dalam batas normal dan kerap terjadi bergantung dari ciri khas individual anak tersebut. Perhatikan grafik pertumbuhan anak anda berdasarkan KMS (kartu menuju sehat), bila anda ragu, anda dapat berkonsultasi dengan dokter spesialis anak ataupun klinik tumbuh kembang anak.


  • Q : Bagaimana cara yang sebaiknya dilakukan dalam memilih dokter anak?

    A : carilah dokter yang mudah dihubungi


  • Q : Bagaimana cara menyembuhkan ruam popok pada bayi?

    A : Keluhan semacam ini memang sering terjadi,tetapi sampai saat ini belum ditemukan penyembuhannya. Pemecahan sementara yang dapat dilakukan yaitu mencegah agar ruam popok itu tidak sampai terjadi, dengan cara mengganti popok secara rutin dan menjaga agar daerah sekitar yang tertutup popok selalu dalam keadaan kering. Tetapi apabila kemungkinan ruam itu terjadi akibat alergi terhadap sabun atau popok yang digunakan, mungkin anda harus mengganti produk yang anda pakai dan berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter terkait.


  • Q : umur berapakah balita saya dapat mulai makan ikan?

    A :
    Ikan terutama ikan laut mengandung banyak protein, dan biasanya menjadi suatu allergen bagi yang mempunyai allergy terhadap produk laut. Sebaiknya anda memperkenalkan kepada anak anda produk laut setelah anak anda berusia 1 tahun, dengan harapan ia lebih kuat bila terjadi reaksi alergi.
     


  • Q : mengapa anak saya sering mengalami konstipasi setelah beralih pada susu formula?

    A : susu formula memang cenderung mengakibatkan konstipasi dibandingkan dengan ASI yang kaya akan zat yang berguna bagi tubuh sehingga dapat di serap secara maksimal. Bila bayi anda mengalami konstipasi segera konsultasikan kepada dokter anda.

    (tee)