SITE STATUS
Jumlah Member :
494.848 member
user online :
3896 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Blog -- Kebiasaan Mengkonsumsi Bubur Tidak Baik Kesehatan Wanita Hamil. Ini Penjelasannya



Blog posted by

Kebiasaan Mengkonsumsi Bubur Tidak Baik Kesehatan Wanita Hamil. Ini Penjelasannya


Blog posted on 29-09-2016

Ibu pasti tidak menyangka jika ternyata bubur bukanlah makanan yang sebaiknya dikonsumsi untuk menjaga kesehatan wanita hamil. Karena saking banyaknya orang yang jual bubur serta tidak banyak yang menyinggung tentang bubur untuk ibu hamil, ibu beranggapan bubur juga baik untuk dikonsumsi saat hamil.



Pada kenyataannya tidak demikian. Para ahli gizi ibu hamil mengatakan sebaiknya mencari makanan lain jika ada alternatif selain bubur.



Ibu ingin tahu alasannya? Berikut ini penjelasan selengkapnya kenapa bubur bukan makanan yang tepat dikonsumsi untuk menjaga kesehatan ibu hamil.



Kandungan Di Dalam Bubur



Bubur kebanyakan terbuat dari beras. Meskipun ada juga bubur yang terbuat dari bahan lain. Yang pasti, kebanyakan bubur itu mengandung karbohidrat yang dibutuhkan oleh tubuh. Itulah mengapa bubur sering digunakan sebagai menu makanan, terutama menu sarapan.



Apalagi sekarang sudah ada banyak sekali variasi bubur di mana bubur dicampur dengan berbagai campuran lainnya seperti daging, sayuran, dan lain sebagainya. Tentu saja kandungan gizi di dalam bubur cukup tinggi.



Sayangnya, para ahli kesehatan pangan mengatakan kandungan karbohidrat di dalam bubur ternyata sangat rendah.



Sebenarnya ibu sendiri juga bisa merasakan sendiri bawasannya karbohidrat pada bubur itu rendah. Coba saja ibu rasakan apa perbedaan makan bubur dengan makan nasi. Jika makan bubur, ibu lebih cepat merasa lapar. Tidak seperti nasi di mana ibu kenyang dalam waktu yang lama.



Para peneliti menjelaskan bawasannya kandungan di dalam bubur itu berupa karbohidrat sederhana. Inilah yang membuat tubuh mudah mencerna karbohidrat tersebut sehingga ibu akan mudah merasa lapar.



Berbeda dengan kandungan karbohidrat pada nasi. Di dalam nasi, terdapat karbohidrat komplek di mana tubuh ibu harus bekerja lebih ekstra untuk mencerna karbohidrat tersebut. akibatnya, ibu akan lebih lama merasa kenyang.



Yang Berbahaya Ketika Mengkonsumsi Bubur Saat Hamil



Dari penjelasan di atas, ibu bisa bayangkan jika ibu sering mengkonsumsi bubur ketika hamil. Pada saat ibu hamil, sebenarnya ibu membutuhkan lebih banyak nutrisi, terutama karbohidrat. Karena karbohidrat dibutuhkan agar ibu memiliki energi yang cukup untuk beraktivitas setiap hari.



Namun, bukan itu yang sangat membahayakan. Para peneliti menemukan bubur yang hanya memberikan karbohidrat dalam jumlah yang sedikit di sisi lain akan menaikkan kandungan gula darah.



Jadi, setelah ibu tahu penjelasan seperti di atas, jelas sudah sebaiknya untuk menjaga kesehatan kehamilan, ibu tidak banyak mengkonsumsi bubur. Masih ada menu makanan lain yang mudah dan mengandung gizi yang tinggi.



Menu Sarapan yang Bagus untuk Ibu Hamil



Biasanya, bubur dijadikan sebagai menu sarapan. Hal ini disebabkan bubur mudah untuk ditemukan. Bahkan, ibu juga bisa dengan mudah membuat sendiri di rumah.



Namun, untuk menjaga kesehatan kehamilan, ibu sudah tahu bubur bukan makanan sehat yang sangat direkomendasikan.



Jika ibu ingin mencari menu sarapan mudah dan sehat untuk menjaga kesehatan ibu hamil, ibu bisa membuat sarapan yang terbuat dari sereal. Lebih mudah dari membuat bubur, bukan?



Dan ibu harus tahu, lebih banyak kandungan nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil di dalam sereal. Ibu bisa memilih sereal yang paling ibu suka. Sekarang sudah ada sereal dengan varian rasa. Jadi, awali hari ibu dengan menu sarapan yang sehat ya. Sebaiknya, jangan mengkonsumsi bubur untuk kebaikan kesehatan ibu dan janin di dalam kandungan.





Ditampilkan sebanyak : 425

Tolong beritahu kami apa pendapat Anda tentang blog ini


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman