SITE STATUS
Jumlah Member :
476.405 member
user online :
2087 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Blog -- Hal Kecil yang Sangat Menentukan Kesehatan Bayi dan Balita



Blog posted by

Hal Kecil yang Sangat Menentukan Kesehatan Bayi dan Balita


Blog posted on 27-09-2016

Siapa tahu apa yang ibu lakukan selama ini kurang tepat. Setiap orang tua pasti ingin menjaga kesehatan bayi dan balita, termasuk juga ibu. Namun, apakah ibu yakin yang ibu lakukan tersebut benar?



Sayangnya banyak orang tua yang hanya ikut-ikutan apa yang disarankan oleh orang lain atau apa yang dilakukan oleh orang tua kepada diri mereka ketika masih kecil. Dan ternyata hal tersebut belum tentu benar.



Dalam menjaga kesehatan anak, ibu harus tahu persis apa yang sebaiknya dilakukan dan apa yang tidak boleh ibu lakukan. Ini sangat penting. Jangan sampai apa yang ibu yakini benar itu ternyata kurang tepat.



Ibu perlu mereview dari hal-hal yang kecil. Karena hal-hal kecil sering dianggap sepele padahal berkaitan sekali dengan kesehatan bayi atau balita.



Makan dan Minum Pada Saat yang Sama



Sudah menjadi kebiasaan di mana orang akan mengkonsumsi makanan di meja dengan ditemani minuman. Ibu pun melakukan hal yang sama, bukan?



Hal tersebut sebenarnya tidak menjadi masalah yang besar karena ibu bukan bayi atau balita. Namun, hal tersebut bisa menimbulkan hal buruk bagi kesehatan balita.



Memberikan makanan dan minuman pada saat yang sama akan mengganggu proses pencernaan. Karena pada dasarnya makanan harus dicerna terlebih dahulu sebelum minum. Jika makanan belum dicerna tapi ibu langsung memberikan air minum, maka anak mengalami resiko terkena masalah pada sistem pencernaannya.



Akan lebih baik jika ibu memberi jeda antara makan dan minum. Setidaknya ibu baru memberikan minum kepada si kecil setelah 30 menit selesai makan.



Makan Sambil Bermain Game



Ini yang sering dipraktekkan oleh orang tua yang memiliki anak susah makan. Mereka mengajak si kecil bermain sambil menyuapi makanan.



Memang cara ini sangat efektif agar si kecil mau makan. Akan tetapi, ternyata cara ini kurang tepat.



Distraksi saat makan seperti membiarkan si kecil bermain itu tidak baik. Karena tubuh si kecil tidak fokus untuk mencerna makanan, tapi fokus pada permainan.



Hal yang paling sering terjadi ketika ibu melakukan hal tersebut adalah tersedak. Mungkin tersedak itu hal yang biasa. Akan tetapi, jika ibu terlalu sering menyuapi si kecil sambil bermain, bukan tidak mungkin sistem pencernaan bisa terganggu. Karena si kecil makan tapi tidak begitu sadar dengan apa yang ia lakukan. Ia hanya fokus bermain saja.



Bahkan, ada juga anak yang makan sangat banyak. Hal ini disebabkan ia tidak sadar karena ia makan sambil bermain. Tentu hal ini bisa beresiko buruk terhadap sistem pencernaan, bukan?



Suka Makanan Olahan



Salah satu tips agar anak mau makan adalah memberikan makanan olahan. Karena memang makanan olahan cenderung lebih enak.



Kenapa? Karena biasanya ada kandungan yang tidak sehat seperti MSG. Tidak jarang juga ditemukan zat pengawet terdapat pada masakan olahan.



Jadi, jika ibu sayang dengan si kecil dan ingin menjaga kesehatannya, maka minimalisir pemberian makanan olahan. Lebih baik ibu bersusah payah belajar memasak makanan yang enak sehingga anak mau makan makanan masakan ibu sendiri yang jelas sehat daripada memberinya makanan olahan.



Hal-hal kecil dan sepele tersebut di atas harus ibu perhatikan. Apabila tidak, bukan tidak mungkin si kecil terkena masalah dengan kesehatannya. Semoga perhatian ibu terhadap si kecil bisa menghindarkan dari hal-hal yang buruk.





Ditampilkan sebanyak : 153

Tolong beritahu kami apa pendapat Anda tentang blog ini


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman