SITE STATUS
Jumlah Member :
501.857 member
user online :
736 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Blog -- Pentingnya Menanyakan tentang Berat Badan Janin Saat Konsultasi Kehamilan



Blog posted by

Pentingnya Menanyakan tentang Berat Badan Janin Saat Konsultasi Kehamilan


Blog posted on 26-04-2016

Konsultasi kehamilan akan membuat ibu semakin tahu bagaimana perkembangan janin di dalam kandungan. Namun, bukan berarti ibu hanya mendapatkan informasi secara searah dari dokter saja. Ibu juga harus memberikan pertanyaan dan juga nasehat kepada dokter kandungan. Yang jelas, lakukan komunikasi dua arah di mana saat konsultasi ibu tidak hanya pasif menerima informasi saja tapi juga harus menanyakan beberapa hal seputar kehamilan.



Satu pertanyaan yang tidak boleh ibu lupa untuk ditanyakan saat konsultasi kehamilan adalah mengenai kondisi berat badan janin. Kenapa pertanyaan ini penting untuk ibu tanyakan? Berikut informasi selengkapnya.



Berat Badan Tanda Perkembangan



Ada banyak sekali tanda apakah perkembangan janin itu baik atau ada masalah. Salah satu tanda yang bisa dijadikan patokan adalah berat badan janin. Banyak sekali kasus di mana dokter kandungan bisa melakukan antisipasi atau pencegahan bayi lahir dalam keadaan prematur dan bayi lahir dengan berat badan di bawah normal dengan cara melakukan pemeriksaan USG saat seorang ibu konsultasi kehamilan.



Itulah mengapa ibu perlu menanyakan kepada dokter yang ibu pilih untuk berkonsultasi seputar berat badan bayi di dalam kandungan. Karena terkadang dokter lupa untuk menjelaskan hal yang satu ini. Dokter lebih fokus terhadap pergerakan janin saat dilakukan pemeriksaan USG serta menanyakan keluhan yang ibu hamil rasakan. Ibu bisa mengingatkan dengan menanyakan tentang hal tersebut.



Mungkin selama ini ibu merasa sudah menjalankan semua tips menjaga kesehatan kehamilan sehingga sepertinya ibu tidak perlu tanya tentang berat badan bayi saat konsultasi ibu hamil. Ibu sudah minum susu, makan makanan yang bergizi tinggi, serta melakukan aktivitas yang baik untuk menjaga kebugaran badan ibu. Namun, walaupun ibu sudah melakukan hal tersebut, bukan tidak mungkin janin yang ibu kandung mengalami masalah berat badan di bawah normal.



Ada banyak sekali faktor yang tidak bisa dideteksi bahwa faktor tersebut ternyata menyebabkan berat badan janin di bawah normal. Itulah mengapa penting sekali melakukan konsultasi kehamilan.



Akibat Berat Badan Janin Di Bawah Normal



Selama ini keguguran menjadi hal yang paling banyak diketahui oleh masyarakat ketika mendengar kasus berat badan janin di bawah normal. Sebenarnya, tidak keguguran saja yang menjadi akibat dari masalah yang satu ini.



Pada dasarnya, turunnya berat badan janin itu menunjukkan perkembangannya tidak normal. Hal mungkin saja diakibatkan ada organ tubuh yang belum terbentuk secara sempurna padahal jika dilihat dari usia kehamilan seharusnya organ tersebut sudah semprna. Jika hal ini dibiarkan, bukan tidak mungkin bayi akan lahir dalam keadaan cacat fisik. Itulah mengapa penting sekali saat konsultasi kehamilan ibu menanyakan seputar berat badan janin.



Lebih dari itu, turunnya berat badan janin bisa juga disebabkan kesalahan mengkonsumsi makanan atau minuman. Mungkin ibu sudah merasa sudah memenuhi kebutuhan nutrisi karena sudah mengkonsumsi makanan dan minuman yang penuh dengan gizi. Namun, apakah ibu yakin kandungan nutrisinya sudah seimbang dan sesuai dengan yang dibutuhkan oleh tubuh ibu?



Itulah sebebnya ibu harus konsultasi kehamilan secara rutin. Setidaknya untuk memastikan apakah yang ibu lakukan selama ini sudah sesuai dan akhirnya memenuhi kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan oleh janin atau belum.



Karena hal ini sangat penting, pastikan ibu memilih dokter yang tepat, yaitu dokter yang sudah berpengalaman lama menangani ibu hamil agar ibu mendapatkan semua informasi penting saat konsultasi kehamilan.





Ditampilkan sebanyak : 706

Tolong beritahu kami apa pendapat Anda tentang blog ini


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman