SITE STATUS
Jumlah Member :
504.591 member
user online :
363 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Blog -- Makanan Yang Tepat Untuk Kesehatan Wanita Hamil dan Janinnya



Blog posted by

Makanan Yang Tepat Untuk Kesehatan Wanita Hamil dan Janinnya


Blog posted on 16-08-2016

Menjaga kesehatan wanita hamil adalah hal yang sangat penting. Karena jika ibu hamil sakit dikhawatirkan bayi yang ada dalam kandungan tidak berkembang dengan sempurna.



Banyak beredar anggapan bahwa ibu hamil harus makan dua kali lebih banyak. Tujuannya adalah agar janin tidak kekurangan makanan. Apakah ibu juga beranggapan seperti itu?



Itu anggapan yang salah kaprah. Memang ibu hamil lebih cepat lapar. Tetapi bukan berarti banyaknya makanan yang dimakan mampu memenuhi syarat untuk memenuhi kebutuhan kesehatan tubuh. Yang benar adalah ibu hamil harus makan makanan yang lebih bergizi dari pada sebelum hami.



Alasannya, ia tidak hanya memenuhi nutrisi untuk tubuhnya sendiri tetapi yang paling penting adalah nutrisi untuk janinnya. Sebab janinnya belum memilki sistem kekebalan tubuh yang memadai. Untuk itulah ibu hamil harus memperhatikan asupan gizi setiap harinya.



Lalau apa saja yang dibutuhkan?



Untuk menjaga kesehatan ibu hamil, makanan yang dimakannya harus memenuhi kandungan zat besi, kalsium, asam folat (folic acid),  serat yang tinggi, vitamin A dan D, DHA dan omega 3 serta vitamin lainnya.



Masing-masing vitamin itu memiliki fungsi sendiri-sendiri yang sangat penting untuk menjaga kesehatan ibu. Zat besi berguna untuk pembentukan sel darah merah. Ini bertujuan agar ibu hamil tidak terkena anemia. Karena anemia yang diderita ibu hamil sangat beresiko terjadinya keguguran.



Kalsium sangat berguna untuk menjaga tulang tetap prima. Karena kalau kekurangan kalsium, janin akan menyerap kalsium dari tulang ibunya. Sedangkan vitamin A dan D untuk membantu penyerapan sel darah merah. Dan DHA plus omega 3 untuk memenuhi nutrisi otak si kecil agar kalau ia sudah lahir akan tumbuh menjadi anak yang cerdas. 



Makanan sehat ibu hamil harus mengandung serat. Serat yang tinggi dibutuhkan ibu hamil untuk membantu menghilangkan sembelit. Karena biasanya ibu hamil akan sering mengalami sembelit karena faktor hormonal. 



Sedangkan asam folad sangat berguna untuk membuat si kecil tumbuh dan berkembang dengan sempurna. Asam folad sangat baik bagi janin agar tidak terkena penyakit spina bifida. 



Penyakit ini adalah istilah untuk bayi yang tulang belakangnya tidak tertutup dengan sempurna. Sebab asam folad adalah zat yang dibutuhkan sel untuk membelah diri dengan sempurna. Zat ini bisa ibu temukan di dalam sayur-sayuran dan buah seperti kol, brokoli, wortel, jagung, kedelai, jeruk, jambu isi dan alpukat.



Untuk menjaga kesehatan ibu dan janinnya sebaiknya ibu lebih banyak makan sayuran dan buah dari pada makanan yang mengandung karbohidrat. Dan untuk mengurangi rasa mual, makanlah sesering mungkin tetapi jangan sampai kebanyakan. Karena justru bisa membuat ibu sakit.



Utamakan untuk lebih sering mengkonsumsi makanan yang mengandung berbagai nutrisi di atas. Usahakan setiap harinya makan makanan yang memenuhi 4 sehat 5 sempurna. 



Jika ibu kesulitan untuk makan semua sayur dan buah-buahan yang mengandung nutrisi di atas, sebaiknya ibu mengkonsumsi susu. Tetap susu yang sudah di pasteurisasi. Karena dalam susu biasanya sudah mengandung berbagai zat dan nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil.



Sebaiknya susu yang ibu minum adalah susu yang sudah dikemas. Hal ini hanya untuk menjamin kalau susu tersebut sudah dipasteurisasi. Karena kalau belum bakteri yang ada di dalamnya bisa mengakibatkan keguguran atau kelainan saat dilahirkan. Itulah makanan yang tepat untuk kesehatan wanita hamil yang harus ibu perhatikan. 





Ditampilkan sebanyak : 507

Tolong beritahu kami apa pendapat Anda tentang blog ini


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman