SITE STATUS
Jumlah Member :
503.595 member
user online :
511 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Blog -- Susu untuk Anak 1 Tahun yang Tidak Suka Makan Nasi



Blog posted by

Susu untuk Anak 1 Tahun yang Tidak Suka Makan Nasi


Blog posted on 14-07-2016

Ada beberapa kasus di mana anak tidak mau makan nasi hingga usianya mencapai di atas 5 tahun. Tentu hal ini sangat memprihatikan.



Seharusnya, anak sudah mengkonsumsi makanan kasar seperti hanya nasi ketika ia baru berusia 1 tahun. Saat itulah anak harusnya sudah dikenalkan dengan makanan yang kasar, tidak hanya makanan yang lunak seperti bubur.



Keterlambatan mengenalkan makanan yang kasar sering dianggap sebagai penyebab anak tidak makan nasi. Tentu saja masih ada faktor lainnya.



Adanya Gangguan Oral Motor



Introspeksi menjadi hal paling awal yang harus dilakukan. Apakah ibu merasa terlambat mengenalkan makanan kasar kepada anak? Jika tidak, mungkin ada faktor penyebab yang lain.



Para dokter anak menjelaskan gangguan oral motor juga bisa menjadi penyebab anak tidak mau makan nasi. Yang dimaksud dengan gangguan oral motor ini adalah gangguan pergerakan bagian mulut. Karena pada dasarnya makan itu proses mengunyah di mana rahang atas dan rahang bawah bergerak secara simultan. Pada saat itulah makanan yang kasar seperti nasi dikunyah.



Sayangnya, gangguan oral motor inilah yang mengakibatkan anak hanya bisa mengkonsumsi susu untuk anak 1 tahun. Kalaupun mau makan, ia hanya makan makanan yang lunak saja seperti bubur.



Sebenarnya masih beruntung jika anak tidak mau makan nasi itu disebabkan adanya gangguan oral motor. Karena ada juga anak yang memang tidak mau makan nasi karena anak tersebut menganggap nasi tidak enak. Untuk kasus seperti ini, anak tersebut harus dibawa ke therapist atau lebih khususnya neuro-therapist.



Yang Bisa Ibu Lakukan



Tentu saja ibu harus mencari tips agar anak mau lagi makan nasi. Hanya saja, butuh waktu  untuk membuat anak mau lagi mengkonsumsi makanan. Untuk sementara, ibu bisa memberikan susu anak 1 tahun yang terbaik. Karena susu tersebut yang akan men-supply semua nutrisi harian yang dibutuhkan oleh anak.



Susu juga mengandung karbohidrat seperti halnya nasi. Lebih dari itu, susu balita 1 tahun yang paling bagus justru mengandung lebih dari sekedar karbohidrat. Yang pasti, susu tersebut akan mencukupi semua kebutuhan nutrisi harian sang buah hati.



Namun, ibu tidak boleh menyerah begitu saja. Jangan sampai juga si kecil hanya mengkonsumsi susu formula untuk anak 1 tahun saja. Ibu harus tetap berusaha bagaimana caranya agar anak mau makan nasi lagi.



Ketika mencari susu anak usia 1 tahun untuk pengganti sementara karbohidrat dari nasi, ibu harus pastikan kadar lemak dan gulanya rendah. Pasalnya, banyak sekali kasus kegemukan pada anak yang disebabkan terlalu banyak mengkonsumsi susu. Jangan sampai hal ini terjadi.



Mungkin ibu bisa memberikan makanan yang mengandung karbohidrat selain nasi seperti roti yang terbuat dari 100% gandum. Yang jelas, jangan sampai si kecil kekurangan energi ketika ia tidak mau makan nasi.



Beberapa pakar kesehatan di luar negeri mengatakan tidak masalah jika anak tidak makan nasi. Asalkan ia mendapatkan asupan gizi dari susu balita terbaik, maka si kecil pasti tidak akan mengalami masalah kesehatan.



Sayangnya, ketika anak tidak mau makan nasi, hal ini menjadi masalah yang besar di Indonesia kerena bagi masyarakat Indonesia belum makan jika belum makan nasi. Jika anak ibu tidak mau makan nasi, ibu tidak boleh panik. Ingat, sumber energi itu tidak hanya dari nasi. Berikan susu terbaik untuk anak 1 tahun dan berikan juga asupan nutrisi berupa karbohidrat dari jenis makanan yang lain.                        





Ditampilkan sebanyak : 610

Tolong beritahu kami apa pendapat Anda tentang blog ini


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman