SITE STATUS
Jumlah Member :
506.496 member
user online :
578 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Blog -- 3 Posisi Tidur Bayi Sesuai dengan Kondisi



Blog posted by

3 Posisi Tidur Bayi Sesuai dengan Kondisi


Blog posted on 20-05-2016

Waktu tidur bayi, mereka memang cenderung tidak banyak bergerak. Namun tidak menutup kemungkinan mereka merubah posisi saat tidur. Mungkin Bunda bertanya-tanya, amankah bayi yang tidur dengan tengkurap? Jangan khawatir, Bunda. Sebenarnya beberapa posisi aman saat bayi tidur bisa disesuaikan dengan kondisinya. Baca ulasan selengkapnya berikut ini, ya!



Terlentang



Ini adalah posisi tidur yang sangat umum di waktu tidur bayi. Biasanya bayi yang berusia sekitar 1 hingga 3 bulan tidur dengan posisi ini. Di usia ini bayi mungkin tidak merubah posisi karena ia belum mampu untuk berguling. Posisi terentang dikatakan sebagai posisi tidur bayi yang paling aman. Posisi tidur ini mengurangi risiko kematian bayi akibat Sudden Infant Death Syndrome (SIDS) sebanyak 50 persen.



Posisi tidur miring



Posisi tidur  bayi dengan posisi miring ke samping kanan biasanya diterapkan pada bayi yang lahir prematur, terutama bagi bayi yang masih memakai alat bantu pernafasan. Tidur posisi ini di waktu tidur bayi bertujuan untuk mempermudah proses pengosongan lambung. Selain itu, posisi tidur miring akan mengurangi kemungkinan bayi gumoh. Bunda tidak perlu khawatir karena gumoh itu sendiri tidak ada hubungan sama sekali kepada gangguan kesehatan bayi yang serius.



Tengkurap



Nah, posisi tidur bayi yang satu ini sampai sekarang masih jadi perdebatan. Pasalnya, menurut beberapa data statistik mengatakan bahawa SIDS atau sindrom meninggal secara mendadak tersebut banyak terjadi pada bayi yang tidur tengkurap. Di samping itu ada juga pihak-pihak yang menyebutkan bahwa posisi tengkurap di waktu tidur bayi membuat bayi merasa nyaman dan lebih nyenyak. Mengapa demikian.



Para ahli menyebutkan mengapa tidur tengkurap terasa nyaman untuk bayi. Hal itu karena si Kecil merasa sedang di peluk oleh ibunya karena posisi perut yang menempel pada kasur. Sementara itu, posisi tengkurap selama waktu tidur tersebut bayi masih dalam pengawasan orang tua. Agar lebih aman lagi, usahakan mulut bayi serta hidung sebagai pernapasan bayi tidak terhalang benda apapaun agar pernapasannya tidak terganggu.



Nah, sebagai orang tua, sebaiknya Bunda juga mengetahui posisi tidur seperti apa yang paling disukai oleh si Kecil tercinta. Buatlah buah hati merasakan kenyamanan sehingga di bisa tidur dengan terlelap dengan posisi aman saat bayi tidur.



Intinya, jika Bunda ingin tidur bayi nyaman dan aman, pastikan untuk selalu menemani dan mengawasinya. Dengan demikian kedekatan secara batin dan emosional terjalin erat sekalipun itu dilakukan di waktu tidur bayi





Ditampilkan sebanyak : 715

Tolong beritahu kami apa pendapat Anda tentang blog ini


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman