SITE STATUS
Jumlah Member :
505.272 member
user online :
417 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Blog -- Dua Gizi Ibu Hamil yang Paling Dibutuhkan untuk Mengatasi Sembelit atau Konstipasi



Blog posted by

Dua Gizi Ibu Hamil yang Paling Dibutuhkan untuk Mengatasi Sembelit atau Konstipasi


Blog posted on 04-05-2016

Gizi ibu hamil tidak hanya dibutuhkan untuk memastikan perkembangan janin baik. Gizi tersebut juga berfungsi untuk mencegah dan mengatasi berbagai jenis keluhan kesehatan yang dialami saat hamil.



Oleh sebab itulah, seorang ibu hamil yang sangat aktif setiap hari harus mendapatkan gizi ibu hamil dalam jumlah yang cukup. Jika tidak, kesehatan ibu akan terganggu dan hal tersebut juga beresiko terhadap kesehatan janin di dalam kandungan.



Untuk masalah konstipasi atau sembelit, ada dua gizi ibu hamil yang diperlukan untuk mengatasi masalah tersebut.



Serat dan Vitamin C untuk Mengatasi Konstipasi



Sangat tidak disarankan untuk mengkonsumsi obat, apalagi obat-obatan yang berbahan kimia saat ibu sedang hamil. Jika ibu mengalami konstipasi atau susah buang air besar, ibu bisa memperbanyakan asupan gizi untuk ibu hamil berupa serat dan vitamin C.



Serat bisa dengan mudah ibu dapatkan dari berbagai jenis sayuran hijau. Ada banyak sekali jenis sayuran hijau yang ibu bisa pilih. Semuanya kebanyakan mengandung serat yang cukup tinggi. Ibu tinggal memikirkan menu makanan apa yang bisa ibu buat dengan bahan berupa sayuran hijau tersebut.



Selain itu, gizi ibu hamil ini juga bisa ibu dapatkan dari buah-buahan. Dari sekian banyak buah-buahan, ada satu buah yang sangat disarankan untuk dikonsumsi. Buah ini paling tinggi kandungan seratnya, yaitu buah apel.



Bahkan ada ungkapan seperti ini. An apple a day keeps the doctor away. Mengkonsumsi satu buah apel setiap hari akan membuat Anda terhindar dari dokter. Artinya, kesehatan akan selalu terjaga sehingga tidak sakit dan harus ke dokter.            Jadi, saat ibu mengalami konstipasi atau susah buang air besar, ibu bisa mengkonsumsi buah apel setiap hari. Setelah beberapa hari, konstipasi yang ibu alami akan reda.



Akan tetapi, selain serat, ibu juga harus mendapatkan satu gizi untuk ibu hamil lainnya lagi, yaitu vitamin C. sebenarnya vitamin C ini tidak bisa mengatasi sembelit. Hanya saja, dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin C, maka sembelit yang ibu alami akan sedikit lebih ringan.



Hal Lain yang Sebaiknya Ibu Lakukan



Yang jelas, sebisa mungkin ibu harus menghindari mengkonsumsi obat-obatan apalagi yang berbahan kimiawi. Ibu bisa mencoba mengkonsumsi makanan yang tinggi serat dan vitamin C. Seperti yang telah dijelaskan di atas, dua gizi ibu hamil tersebut sangat penting untuk meringankan dan akhirnya mengatasi keluhan kesehatan saat hamil berupa sembelit.



Akan tetapi, bukan berarti ibu hanya bisa mengatasi sembeli dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung serat dan vitamin C saja. Ibu juga perlu melakukan olahraga. Menjalankan aktivitas olahraga secara rutin bisa membuat sistem peredaran darah lancar serta sistem metabolisme pun baik. Ibu bisa melakukan jalan santai setiap pagi. Atau ibu bisa sempatkan berenang pada waktu weekend.



Selain itu, ibu harus lebih banyak mengkonsumsi air putih. Apalagi air putih tidak hanya bagus untuk mengatasi sembelit tapi juga untuk air ketuban. Jadi, selain mengkonsumsi makanan yang mengandung gizi ibu hamil berupa serat dan vitamin, ibu juga perlu olahraga dan lebih banyak minum air putih.



Yang jelas, konstipasi bukan masalah yang perlu ibu khawatirkan. Ini merupakan keluhan yang biasa terjadi saat hamil karena produksi hormon progesteron yang meningkat. Masalah yang satu ini bisa diatasi dengan olahraga, minum air putih lebih banyak, serta mengkonsumsi makanan yang mengandung gizi ibu hamil berupa serat dan vitamin C.





Ditampilkan sebanyak : 576

Tolong beritahu kami apa pendapat Anda tentang blog ini


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman