SITE STATUS
Jumlah Member :
501.725 member
user online :
547 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Blog -- Cara Memandikan Bayi yang Benar dan Aman



Blog posted by

Cara Memandikan Bayi yang Benar dan Aman


Blog posted on 22-02-2016

Cara memandikan bayi yang benar harus dilakukan oleh anda para bunda karena jika sampai salah maka akan berakibat fatal bagi si bayi itu sendiri, baik itu bagi proses pertumbuhannya maupun juga berpengaruh bagi kecerdasannya. Banyak bunda ada yang merasa takut untuk memandikan buah hatinya sendiri karena memang resiko yang harus ditanggungnya jika sampai salah dalam memandikannya.





Sebenarnya cara memandikan bayi yang benar ini jika dibayangkan cukup simpel yakni hanya dengan menyabuninya yang memandikannya seperti biasa. Namun yang ditakuti oleh banyak orang tua dalam memandikan buah hatinya sendiri adalah karena tulang bayi tersebut yang masih lunak, dikhawatirkan jika sampai salah dalam meposisikan maka tulangnya akan bergeser dan dikhawatirkan akan terjadi hal yang tidak-tidak.



Karena timbul rasa takut yang berlebihan tersebut, banyak orang tua harus menyewa baby sitter yang hanya disewa untuk memandikan bayi tersebut. Tentu saja dengan keputusan tersebut akan berdampak pada kerugian. Selain kerugian secara materi, bunda juga rugi karena jika tidak belajar dan mencoba maka tidak akan bisa memandikan bayinya sendiri.



Untuk itu anda para bunda terutama bagi bunda yang masih memiliki anak pertama ini atau bisa dibilang masih pemula, sebaiknya anda mencoba memandikannya sendiri karena bayi juga sudah bisa merasakan secara sikologis dimandikan oleh orang tuanya sendiri atau oleh orang lain. Selain itu, kalau tidak mencobanya maka anda tidak akan bisa memandikan bayi anda sendiri sampai kapanpun. Maka dari itu marilah kita sama-sama belajar cara memandikan bayi yang benar dan aman bagi ibu pemula. Untuk mengetahui cara yang sebenarnya bisa anda lihat di bawah ini.



Peralatan Mandi yang Harus Disiapkan




  1. Bantal dan Handuk

  2. Bak mandi bayi

  3. Kain waslap

  4. Bola kapas

  5. Handuk bertopi (optional)

  6. Popok bersih

  7. Alkohol (optional)

  8. Bedak bayi

  9. Sabun bayi

  10. Shampoo bayi

  11. Baby Oil (optional)

  12. Air hangat

  13. Gunting kuku (optional)

  14. Sikat halus



 



Cara Memandikan Bayi yang Benar dan Aman




  1. Pastikan ruangan tidak dengan suhu yang sangat dingin atau sangat panas.

  2. Siapkan semua keperluan bayi yang sudah kami sebutkan dan letakkan di samping anda.

  3. Pastikan air yang anda pakai untuk memandikan bayi merupakan air hangat tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin.

  4. Masukkan bagian kaki bayi ke dalam air tersebut, lalu letakkan tangan anda di bawah pundak bayi untuk menopang leher dan kepala si bayi

  5. Lalu basuh bayi dengan air hangat sedikit demi sedikit

  6. Lalu sabuni bayi sedikit demi sedikit. Pastikan anda memakai sabun khusus bayi yang tidak berbusa. Karena jika anda sampai memakai sabun yang berbusa, maka akan berakibat fatal bagi kulit bayi anda yang masih sensitif.

  7. Sabuni seluruh area badannya termasuk juga kepala, kaki, kemaluan, serta lipatan-lipatan yang ada di tubuh bayi. Untuk bagian wajah bayi termasuk sekitar mata, hidung, dan sebagainya, disarankan jangan memakai sabun agar kulit bagian wajah bayi tetap steril.

  8. Bilas tubuh bayi dengan air, dan keringkan tubuhnya di meja yang sudah anda sediakan. Atau anda juga bisa langsung membawanya ke kamar bayi.

  9. Bungkus bayi dengan handuk. Untuk mengeringkan bayi, handuk jangan diusap-usapkan ke kulit bayi, melainkan hanya ditepuk-tepuk hingga air sudah hilang.

  10. Sebaiknya oleskan lotion bayi atau baby oil saat sebelum memakaikan pakaiannya.

  11. Pakaikan popok dan akan pakaikan pakaian bayi yang telah disiapkan, dan sudah selesai dalam memandikan bayi anda.



Cara memandikan bayi yang benar dan aman sangat mudah bukan. Untuk itu anda para bunda tidak perlu takut lagi untuk memandikan bayi anda sendiri. Karena orang tua kandungnya pasti lebih mengerti kemauan si bayi dibandingkan dengan anda menyewa baby sitter yang tidak lain itu merupakan orang lain.





Ditampilkan sebanyak : 607

Tolong beritahu kami apa pendapat Anda tentang blog ini


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman