SITE STATUS
Jumlah Member :
498.886 member
user online :
514 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Blog -- Persiapan yang Dilakukan Sebelum Melahirkan, Apa Saja?



Blog posted by

Persiapan yang Dilakukan Sebelum Melahirkan, Apa Saja?


Blog posted on 17-05-2016

Ketika usia kehamilan sudah memasuki masa-masa yang cukup tua, persiapan untuk melahirkan pun semakin banyak. Tak jarang, bagi keluarga yang baru akan memiliki anak hal tersebut jadi terlihat sangat merepotkan. Namun bagaimanapun, persiapan persalinan anak pertama tetap akan terasa membahagiakan demi menyambut calon anggota keluarga baru.



Beberapa hal yang perlu dilakukan sebagai persiapan untuk melahirkan anak pertama sebenarnya tidak serumit yang dibayangkan. Asal Anda sudah mempelajari dan berkonsultasi dengan bidan atau dokter selagi memeriksakan kandungan, hal itu akan terasa mudah dan ringan. Terlebih adanya pihak keluarga yang membantu seperti orang tua, mertua, kakak dan keluarga lainnya. Lalu apa sih, yang harus dipersiapkan sebelum melahirkan?



Tentukan proses kelahiran



Biasanya, untuk menentukan prosel melahirkan sudah bisa terlihat dari kondisi kehamilan. Dokter kadang menentukan bagaimana proses melahirkan yang seharusnya dilakukan misalnya normal atau caesar. Namun, Anda juga boleh memilih proses melahirkan yang diinginkan asal tidak membahayakan bayi dan diri Anda sendiri.



Sementara itu, selain normal dan Caesar, ada model proses persalinan baru yang mulai dikenalkan dan diterapkan di Indonesia. Di antaranya seperti water birthing yang diklaim bisa mengurangi rasa nyeri akibat kontraksi atau saat melahirkan, bahkan ada yang mengatakan water birthing meminimalisir kerobekan di vagina. Selanjutnya, adalah hypnobirthing yaitu proses melahirkan dengan teknik hipnotis.



Tentukan bidan, dokter atau rumah sakit



Persiapan untuk melahirkan sebelumnya adalah menentukan bidan, dokter, atau rumah sakit yang akan membantu proses melahirkan. Tidak sedikit ibu hamil yang memilih dokter atau bidan yang menangani kontrol kandungannya. Namun, tak ada salahnya jika Anda mencari dokter terbaik yang benar-benar kompeten untuk membantu proses persalinan anak pertama. Jadi, sebaiknya Anda dan suami mengumpulkan daftar dokter terbaik dan pilih salah satu yang paling dipercaya.



Perlengkapan bayi baru lahir



Sebelum bertolak ke rumah sakit, persiapan untuk melahirkan yang paling penting jangan sampai terlupakan, ya! Benar sekali. Perlengkapan calon buah hati sudah haru dipersiapkan sejak awal. Perlengkapan bayi baru lahir seperti pakaian bayi, selimut, popok, sarung tangan, sarung kaki dan lainnya. Biasanya, Anda akan diminta tinggal beberapa hari setelah melahirkan sebelum kembali di rumah. Hal ini bertujuan untuk memudahkan dokter untuk melihat perkembangan bayi jika saja terjadi masalah.



Barang-barang yang perlu dibawa lainnya



Selain hal-hal yang telah disebutkan di atas, persiapan untuk melahirkan anak pertama yang perlu dilakukan adalah membawa perlengkapan lainnya untuk Anda dan suami atau siapapun yang mengantarkan Anda melahirkan. Perlengkapan-perlengkapan tersebut meliputi pakaian ganti, pakaian yang nyaman, pakaian dalam, pembalut khusus, peralatan mandi, minyak urut, bra khusus menyusui.



Namun, selain 4 hal penting di atas, akan lebih baik jika Anda berkonsultasi dengan dokter tentang persiapan untuk melahirkan seperti apa saja yang perlu dibawa dan dilakukan. Dokter akan lebih tahu hal yang Anda butuhkan menjelang proses melahirkan yang nantinya memudahkan Anda menyambut bayi tercinta. Tentunya, Anda dan keluarga akan semakin dan semakin bahagia, bukan?





Ditampilkan sebanyak : 484

Tolong beritahu kami apa pendapat Anda tentang blog ini


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman