SITE STATUS
Jumlah Member :
504.539 member
user online :
554 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Blog -- Ini dia Info Ibu Hamil yang Harus diketahui tentang Makanan Sehat Saat Imlek Tiba



Blog posted by

Ini dia Info Ibu Hamil yang Harus diketahui tentang Makanan Sehat Saat Imlek Tiba


Blog posted on 10-02-2016

Info ibu hamil kali ini akan membahas tentang makanan khas imlek. Info ini sangat penting untuk disimak para ibu-ibu hamil lantaran jangan sampai saat imlek tiba ibu mengkonsumsi semua makanan yang dihindangkan sementara ibu tidak yakin apakah makanan tersebut sehat dan baik untuk ibu atau tidak.





Pada saat imlek, ada banyak sekali jenis makanan yang dihidangkan. Taruh saja bandeng. Pada perayaan tahun baru China, masyarakat berburu bandeng yang besar. Tidak ada perawayaan imlek tanpa bandeng di meja makanan. Seperti halnya kaum muslim di mana saat Idul Fitri tiba, ada makanan khas yaitu kupat dan opor ayam.



Begitu juga dengan orang China. Pada perayaan imlek, salah satu makanan khasnya adalah bandeng. Ini merupakan ikan yang melambangkan kemakmuran. Itulah mengapa semakin besar bandeng yang dihindangkan, semakin besar pula harapan kemakmuran yang akan didapatkan di tahun mendatang.



Lalu, bagaimana jika ibu sedang hamil? Apakah ibu boleh ikut berpesar menyantap ikan bandeng bersama keluarga? Berikut info penting ibu hamil yang harus ibu ketahui seputar makanan khas imlek berupa ikan bandeng ini.



Bolehkah Ibu Hamil Mengkonsumsi Ikan Bandeng?



Ada pro dan kontra dalam menanggapi pertanyaan tersebut di atas. Oleh karena itu, ibu harus tahu bagaimana pendapatkan yang pro dan bagaimana yang kontra.



Bandeng merupakan salah satu jenis ikan yang hidup di air asin. Bisa dikatakan ini adalah seafood. Karena tergolong seafood, ibu mungkin bisa langsung menyimpulkan bahwa ikan bandeng ini baik untuk dikonsumsi ibu hamil.



Jika ibu sering membaca artikel tentang info ibu hamil, terutama yang terkait dengan makanan sehat untuk ibu hamil, ibu pasti tahu seafood merupakan jenis makanan yang paling direkomendasikan untuk dikonsumsi saat hamil. Ya tentu saja salah satunya adalah ikan bandeng.



Seafood termasuk ikan bandeng mengandung nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh janin dalam kandungan untuk berkembang. Salah satunya adalah omega 3. Ini merupakan kandungan yang akan mencerdaskan otak bayi sejak masaih dalam rahim. Dan tentu saja masih banyak lagi kandungan atau nutrisi di dalam seafood ini seperti AA dan DHA, Omega 6, serta EPA.



Jadi, jelas sudah kenapa para ahli gizi ibu hamil mengatakan bahwa ikan bandeng merupakan jenis ikan yang sehat dan baik untuk dikonsumsi ibu hamil. Jadi, ketika imlek tiba dan ada hidangan berupa ikan bandeng, tidak perlu ragu-ragu lagi menu makanan ini sehat untuk ibu hamil.



Hanya saja, ada sisi kontra-nya. Ada sebagian ahli gizi ibu hamil yang tidak yakin dengan kebaikan dari ikan bandeng ini. Apakah ibu pernah mendengar tentang merkuri? Merkuri merupakan zat yang berbahaya yang biasanya ditenukan di dalam tubuh ikan laut. Semakin tua ikan laut maka kemungkinan besar kandungan merkuri banyak. Itulah yang menjadikan ikan laut termasuk ikan bandeng yang ukurannya besar sebaiknya dihindari.



Menanggapi Pro dan Kontra



Mengenai pro kontra tentang apakah ikan bandeng itu baik atau tidak untuk ibu hamil, ada baiknya ibu konsultasi kehamilan dengan dokter kandungan terlebih dahulu. Dengan konsultasi, ibu bisa tahu kondisi kesehatan ibu sehingga ibu akan mengetahui apa tubuh ibu bisa kebal terhadap merkuri yang mungkin terkandung di dalam seafood atau tidak.



Selain itu, alangkah lebih baik jika ibu memilih ikan bandeng yang ukuranya kecil dan yang usianya tidak terlalu tua. Hal ini diperlukan untuk meminimalisir merkuri. Yang jelas, ikan bandeng mengandung nutrisi yang baik sehingga hanya diperlukan antisipasi saja untuk meminimalisir merkuri sehingga ibu bisa mendapatkan semua kebaikan dari ikan bandeng ini. Semoga wawasan ibu semakin terbuka setelah membaca artikel tentang info ibu hamil ini.





Ditampilkan sebanyak : 517

Tolong beritahu kami apa pendapat Anda tentang blog ini


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman