SITE STATUS
Jumlah Member :
506.355 member
user online :
328 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Blog -- Wanita Perlu Tahu.. !!! Campak Jerman (Rubella)



Blog posted by

Wanita Perlu Tahu.. !!! Campak Jerman (Rubella)


Blog posted on 11-12-2007
Campak Jerman tidak ada hubungannya dengan Negara Jerman walaupun ada “embel-embel” Jerman (mungkin ada yang bisa memberitahu..??). Campak Jerman adalah penyakit yang disebabkan oleh virus rubella dan biasanya menyerang anak-anak dan akan berlangsung kurang lebih 3-5 hari dan akan membaik dengan sendirinya namun proses ini tergantung dengan kondisi kesehatan anak, demikian kata DSA kami sambil menuliskan resep untuk mengobati anak kami yang terserang virus rubella. Mengapa wanita atau calon ibu harus tahu..??!!

Menurut DSA kami, campak Jerman atau rubela berbeda dari campak biasa. Pada anak, campak jerman jarang terjadi dan dampaknya tak sampai fatal. Kalaupun ada biasanya terjadi pada anak yang lebih besar, sekitar usia 5 sampai 14 tahun (ko anaku bisa kena yah dok..???) dan nafsu makan anak akan menurun karena terjadi pembengkakan pada limpanya, sulit menelan makanan dan akan merasa mual dan muntah bila makan dan suhu badanya tinggi.

Yang perlu dikhawatirkan jika campak jerman ini menyerang wanita hamil karena bisa menular pada janin melalui plasenta (ari-ari). Akibatnya, anak yang dilahirkan akan mengalami sindrom rubela kongenital. Mata bayi akan mengalami katarak begitu lahir, ada ketulian, dan ada pengapuran di otak, sehingga anak bisa mengalami keterbelakangan perkembangan. Bahkan bisa menyebabkan keguguran, kematian bayi dalam kandungan atau kelainan bawaan pada bayi.

“Sebelum hamil sebaiknya setiap ibu-ibu melakukan test laboratorium untuk mengetahui, apakah mempunyai gen penyakit ini, bila ada harus di suntik vaksinya dan kira-kira 3 bulan kemudian baru ibu dan bapak merencanakan kehamilan. Karena penyakit campak jerman ini akan lebih berbahaya dampaknya bila yang terkena adalah ibu-ibu hamil”, sambung DSA kami.

Bagaimana virus rubella menular ?
Virus yang terdapat pada percikan lendir saluran napas dapat disebarkan ke udara saat anak yang sedang terinfeksi rubella bersin, batuk, atau berbicara. Anak atau orang lain yang berdekatan dapat tertular jika menghirup udara yang mengandung virus tersebut. (yang ternyata didapet dari tantenya, dan mungkin juga kondisi anak yang kurang sehat, sehingga bisa tertular padahal sebelumya tidak ada masalah tuh deket dengan tantenya tersebut)

Bagaimana mencegah penularan virus rubella?
Cara yang paling efektif adalah dengan pemberian imunisasi. Saat ini imunisasi yang dapat diberikan untuk mencegah rubella adalah dengan pemberian vaksin MMR (Measles, Mumps, Rubella) dan sebisa mungkin menjauhkan anak dari orang yang menjadi perantara penyakit tersebut.

“Iya Dok, tapi anak kami belum masuk jadwalnya untuk imunisasi MMR, karena baru usia 9 bulan, sedangkan MMR jadwalnya usia 15 Bulan”, DSA kami pun cuma bisa “nyengir” disambut teriakan anak kami.



Ditampilkan sebanyak : 1136

Comment by:
disebut campak jerman mungkin karena penyakit ini awalnya terjadi di jerman....
Dikirim : 2007-12-12

Comment by:
GMN SKRG BABY BUNDA UDA BAIKAN ?
Dikirim : 2007-12-11

Tolong beritahu kami apa pendapat Anda tentang blog ini


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman
 
mardhika_mu's blog :