SITE STATUS
Jumlah Member :
484.138 member
user online :
2218 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Meringankan Batuk Saat Hamil

   

Meringankan Batuk Saat Hamil



Batuk merupakan suatu refleks yang dikeluarkan oleh tubuh agar bisa mengeluarkan berbagai macam benda asing berupa debu, kuman, virus dan makanan yang dapat membuat iritasi di saluran pernafasan.

Batuk yang sering terjadi dan dialami oleh manusia biasanya adalah batuk yang menjadi gejala dari radang tenggorokan. Karena disebabkan oleh kuman, tidak mengherankan jika penularannya begitu cepat. Batuk itu bisa menular kurang dari sehari, sebab media penularannya bisa melalui udara. Orang yang ada di samping orang yang batuk, jika dia memiliki sistem imun yang kurang bagus, kurang dari sehari dia akan mengalami batuk juga.

Bagi Ibu hamil tidak boleh sembarangan mengonsumsi obat karena apa pun yang dimakan dan diminum akan berdampak kepada pertumbuhan janin. Begitu pula ketika sakit, ada kekhawatiran bahwa penyakit ibu hamil akan menulari janin bila tidak diobati. Sehingga, sakit ringan sekalipun seperti batuk dan pilek dapat membuat ibu hamil panik dan bingung bagaimana cara menanganinya.

Oleh karena itu, penting untuk menjaga kesehatan selama kehamilan. Terlebih lagi, daya tahan tubuh ibu hamil cenderung melemah.

Beberapa tips berikut dapat membantu meringankan batuk: 

1. Mandi dengan air panas. Uap air panas dapat membantu melegakan sesak napas.
2. Berkumur dengan air hangat yang diberi garam untuk meringankan radang tenggorokan atau batuk.
3. Oleskan balsem atau minyak gosok pada dada untuk menghangatkan, serta oleskan juga sedikit di bawah hidung.
4. Makan sup ayam hangat dapat membantu melegakan hidung tersumbat dan mengurangi peradangan.
5. Minum teh decaffeinated atau rendah kafein, tambahkan dengan lemon atau madu. Minuman ini dipercaya dapat membantu meringankan radang tenggorokan.
6. Gunakan bantal yang ditumpuk cukup tinggi ketika tidur agar posisi kepala lebih tinggi. Posisi ini berguna karena cairan dahak yang mengalir saat tidur dapat mengiritasi dinding tenggorokan.
7. Letakkan segelas air, balsem, atau obat-obatan lain di dekat tempat tidur ibu hamil agar cepat dijangkau ketika dibutuhkan.
8. Konsumsi obat sesuai resep dokter.

Tolong beritahu kami apa pendapat Anda tentang artikel ini


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman