SITE STATUS
Jumlah Member :
484.057 member
user online :
2121 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Tampak Kurus Saat Hamil

   

Tampak Kurus Saat Hamil



“Wah kamu enak ya, hamil tapi tetap kurus. Setelah melahirkan jadi tidak susah untuk menurunkan berat badan.”. Bunda mungkin pernah mendengar ungkapan seperti ini dari seseorang yang ditujukan pada orang lain, atau mungkin pada Bunda.
Kebanyakan perempuan kuatir berat badannya akan melambung tinggi setelah melahirkan. Sehingga tidak sedikit ibu hamil yang merasa senang saat berat badannya tidak naik.
Tetapi Bunda perlu waspada bila berat badan Bunda kurang saat hamil, karena hal ini bisa mengganggu kesehatan janin. yuk, cari tahu supaya kehamilan Bunda lancar dan janin tetap sehat.

Dampak Buruk
Berat badan kurang saat hamil biasanya dipicu karena rasa mual yang berlebihan. Morning sickness seringkali menjadi penyebab berat badan tidak naik. Rasa mual, muntah, dan pusing berlebihan membuat Bunda tidak berselera untuk makan.

Berat badan kurang saat hamil bisa berakibat fatal. Berikut beberapa dampak buruk yang diakibatkan berat badan Bunda kurang saat hamil:
1.      Persalinan sulit dan lama
2.      Persalinan premature dan adanya kelainan syaraf pusat
3.      Perdarahan setelah persalinan
4.      Meningkatkan resiko persalinan secara operasi Caesar
5.      Kematian janin saat di dalam kandungan
6.      Bayi lahir dengan berat badan rendah

Sebuah penelitian dari London School of Hygiene & Tropical Medicine menyatakan bahwa 72% ibu hamil yang kurang berat badannya, mengalami keguguran di trimester pertama kehamilannya. Tentu Bunda tidak mau hal ini terjadi. Segera lakukan sesuatu untuk menaikkan berat badan Bunda.

Apa yang harus dilakukan?
Bunda perlu melakukan perbaikan pola makan. Konsumsilah makanan yang beragam dan pastikan asupan karbohidrat, protein, vitamin, mineral, dan serat tercukupi. Usahakan makan tiga kali sehari diselingi camilan yang sehat. Bila Bunda kuatir mual setelah makan, sebaiknya Bunda makan sedikit tetapi sering.

Bunda bisa menambahkan suplemen seperti asam folat, zat besi dan vitamin lain yang dibutuhkan ibu hamil. Mengonsumsi makanan yang mengandung lemak sehat seperti keju, kacang-kacangan dan biji-bijian dapat membantu menaikkan berat badan. Perbanyak konsumsi sayuran dan buah-buahan yang mengandung cairan. Bila ternyata berat badan Bunda masih sulit naik, periksakan kondisi gigi Bunda. Gigi yang rusak membuat makanan tidak terkunyah dengan baik, sehingga makanan tidak dicerna dan diserap oleh tubuh secara sempurna. Jangan lupa untuk selalu berkonsultasi dengan dokter kandungan Bunda ya!

Note:
Pertambahan berat badan (BB) saat hamil haruslah cukup, tidak lebih ataupun kurang.
-  Bila BB sebelum hamil normal, maka pertambahan berat badan yang dianjurkan adalah 9-12kg.
-  Bila BB sebelum hamil berlebih, maka pertambahan berat badan yang dianjurkan berkisar 6-9kg.
-  Bila BB sebelum hamil kurang, maka pertambahan berat badan yang dianjurkan antara 12-15kg.
-  Bila mengandung janin kembar, pertambahan BB biasanya lebih banyak tergantung jumlah bayi yang dikandung.

Tolong beritahu kami apa pendapat Anda tentang artikel ini


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman