SITE STATUS
Jumlah Member :
253.400 member
user online :
2954 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Masalah-Masalah Kehamilan

   

Masalah-Masalah Kehamilan



Masa-masa kehamilan merupakan saat istimewa bagi seorang perempuan. Hari demi hari Bunda menantikan kehadiran si jabang bayi. Namun, kehamilan umumnya diikuti beberapa masalah yang membuat Bunda tidak nyaman dan cukup menganggu. Supaya Bunda tetap bisa menikmati kehamilan, Bunda perlu tau apa saja yang mengganggu dan bagaimana mengatasinya. Yuk baca artikel berikut:

Morning sickness
Hampir setiap Bunda hamil akan mengalaminya. Morning sickness adalah rasa mual yang muncul saat hamil. Biasanya akan mulai terasa pada trimester pertama. Meski namanya morning sickness tetapi mual bisa datang kapan saja.
Cara mengatasi: 
Makanlah dalam porsi kecil namun sering sehingga Bunda tidak merasa terlalu kenyang yang bisa mengakibatkan mual bahkan muntah.

Sering buang air kecil
Hal ini terjadi karena rahim Bunda mulai membesar sehingga menekan kantung kemih. Biasanya muncul di awal kehamilan hingga trimester kedua. Beberapa informasi menyebutkan frekuensi akan meningkat pada malam hari.
Cara mengatasi:
- Jangan terlalu banyak minum air sebelum tidur.
- Berbaring miring saat tidur.

Konstipasi
Konstipasi atau sulit buang air besar banyak dialami Bunda hamil. Akibatnya perut terasa kembung dan tidak nyaman , terlebih lagi dengan kondisi perut yang besar. Jangan minum obat pencahar sembarangan. Selalu konsultasi ke dokter sebelum meminum obat.
Cara mengatasinya:
- Minum air putih yang cukup, 8-10 gelas sehari.
- Perbanyak konsumsi makanan berserat tinggi.
- Lakukan olahraga ringan seperti berjalan kaki.

Sakit Punggung
Dengan bertambahnya usia kehamilan, tubuh Bunda akan berubah. Pertambahan berat badan dan perut yang semakin membesar akan menambah beban tulang belakang untuk menopang tubuh Bunda, sehingga akan muncul ketegangan pada otot punggung.
Cara mengatasi:
- Usahakan posisi tetap tegak dan tidak membungkuk. Ingatkanlah diri untuk selalu mendorong dada ke depan.
- Gunakan sepatu rata yang nyaman dan tidak licin. Memakai high heels saat hamil berisiko tinggi terkena sakit punggung.

Heartburn
Heartburn adalah sensasi panas yang terasa di dada hingga tenggorokan. Rasa panas ini muncul karena naiknya asam lambung akibat perubahan hormon saat hamil.
Cara mengatasi:
- Jangan makan terlalu kenyang dan jaga kondisi jangan sampai terlalu lapar. Makanlah dalam porsi kecil namun sering.
- Hindari makanan berminyak, pedas dan makanan yang mengandung gas. Hindari pula kopi dan minuman bersoda.
- Minum susu dapat mengurangi heartburn.

Kaki bengkak
Tidak semua Bunda hamil mengalaminya. Tetapi masalah ini cukup mengganggu baik dari sisi penampilan dan juga rasa nyeri. Terkadang bukan hanya kaki yang mengalami pembengkakan tetapi juga tangan atau wajah. Segera konsultasi ke dokter bila hal ini terjadi.
Cara mengatasi:
- Berbaringlah dengan posisi kaki lebih tinggi. Bunda bisa mengganjalnya dengan bantal.
- Jangan diurut.

Itulah beberapa masalah yang seringkali membuat Bunda hamil tidak nyaman. Meski begitu Bunda harus tetap dapat menikmati kehamilan Bunda. Bila Bunda bahagia, janin pun akan merasa bahagia. Percayalah, Bunda akan merindukan saat-saat hamil ini.

Tips: Jangan mudah mengonsumsi obat sembarangan karena sedikit banyak akan berpengaruh pada janin.

Tolong beritahu kami apa pendapat Anda tentang artikel ini


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman