SITE STATUS
Jumlah Member :
482.163 member
user online :
2527 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Hal-hal Penting di Trimester Pertama

   

Hal-hal Penting di Trimester Pertama



Pada trimester pertama kehamilan, belum terlihat perubahan fisik yang signifikan. Tetapi hormon yang berubah mulai mempengaruhi aktivitas Bunda. Berikut hal penting yang perlu Bunda ketahui selama trimester pertama: 

1. Trimester pertama ada dalam rentang 0-13 minggu kehamilan. Bunda menjadi mudah lelah, mual, tidak nafsu makan, rasa sedih yang tiba-tiba datang tanpa alasan yang jelas. 

2. Keluhan mual (morning sickness) terjadi karena meningkatnya hormon estrogen dan progesteron yang meningkat. Kondisi ini mempengaruhi fungsi-fungsi organ tubuh Bunda. Minum rebusan jahe dapat mengurangi rasa mual.

3. Pada trimester pertama organ-organ janin yang mengatur seluruh sistem tubuh akan terbentuk. Rangka janin juga akan lengkap secara keseluruhan pada trimester ini. Konsumsi asam folat untuk membantu penyempurnaan organ-organ janin Bunda.

4. Selama kehamilan terutama di trimester pertama jangan mengonsumsi daging mentah termasuk daging setengah matang seperti sate atau steak.

5. Beberapa wanita mengalami 'mens' saat trimester pertama. Sebenarnya ini bukanlah darah menstruasi. Terkadang darah keluar saat proses penempelan janin ke dinding rahim. Hal ini normal selama darah tidak terlalu banyak. Jika ragu, hubungi dokter Bunda. 

6. Mendekati akhir trimester pertama seluruh jemari tangan dan sudah terbentuk. Plasenta sudah mulai berfungsi meski belum sempurna. Dokter dapat mendeteksi apakah ada kelainan atau tidak mulai dari trimester pertama.

Masih ada info lain tentang trimester pertama kehamilan Bunda. Minggu depan Infobunda masih akan membahasnya. Semoga kehamilan Bunda sehat terus ya!

Tolong beritahu kami apa pendapat Anda tentang artikel ini


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman