SITE STATUS
Jumlah Member :
465.089 member
user online :
2369 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Rawat dan Sayangi Gigi si Kecil Sejak Dini

   

Rawat dan Sayangi Gigi si Kecil Sejak Dini

Posted:2016-10-19 09:36:25


Senang rasanya melihat si kecil tertawa lepas. Tapi sungguh sayang bila giginya tidak sehat, keropos dan berwarna hitam, atau giginya berwarna kuning. Yuk, Bunda beri perhatian lebih pada gigi si kecil supaya senyumannya semakin menawan. Berikut poin-poin penting yang perlu Bunda ketahui mengenai giginya:

1. Sebenarnya bakal giginya sudah mulai dibentuk saat masih di dalam kandungan, yakni pada minggu ke-16. Janin menyerap kalsium dan fosfat untuk menunjang pembentukan gigi.

2. Umumnya gigi baru akan terlihat atau muncul pada usia 6 bulan. Tetapi ada juga bayi yang giginya sudah kelihatan pada usia 4 bulan. Begitu juga sebaliknya, ada yang lebih dari 6 bulan belum juga muncul.

3. Sebaiknya pada saat Bunda menemukan giginya sudah tumbuh, kenalkan ia pada aktivitas menyikat gigi. Pilih sikat gigi yang memang khusus untuk bayi 6 bulan. Jangan lupa pula pilih sikat gigi yang memang sesuai dengan usianya.

4. Jangan pilih bulu sikat yang terlalu keras. Bulu sikat yang terlalu keras dapat melukai gusi dan menyebabkan sariawan.

5. Untuk memiliki gigi yang sehat, berikan makanan sesuai dengan piramida makanan. Jangan terus menerus memberikan makanan yang diblender atau disaring. Misalnya pada usia 9 bulan, berikan makanan yang agak kasar supaya dia mulai belajar mengunyah.

6. Karies pada gigi anak tidak boleh dianggap sepele, karena akan berdampak pada gigi anak ke depannya. Karies dapat dicegah dengan membiasakan sikat gigi setelah makan dan sebelum tidur. Hindari pula penggunaan botol susu, apalagi bila meminum susu menjelang tidur.

7. Bila sudah terlanjur karies, dokter gigi akan melakukan perawatan untuk mencegah karies berkembang dan bertambah luas.

8. Bila giginya berwarna kuning, Bunda perlu mencari tahu darimana warna kuning itu berasal. Warna gigi anak amat bervariasi, apakah kuningnya normal atau tidak. Misalnya, gigi bisa menjadi kuning bila mengonsumsi air minum yang berasal dari pompa air. Penggunaan antibiotic juga bisa menyebabkan gigi anak menjadi kuning.

9. Bila Bunda hendak memberikan vitamin pada si kecil, sebaiknya pilih vitamin dengan kandungan zat besi yang seimbang. Zat besi yang tidak seimbang dapat membuat gigi tampak kuning dan gelap.

10. Jangan biarkan si kecil mengonsumsi permen atau makanan manis. Hampir setiap anak yang mengonsumsi permen memiliki masalah gigi. Yang paling sering dijumpai adalah gigi bolong dan karies.

Note:

- Jangan menggunakan sikat gigi bergantian. Meski masih anak-anak, ia perlu sikat gigi miliknya pribadi.
- Pilih pasta gigi yang aman jika tertelan. Hindari sikat gigi yang mengandung deterjen.
- Untuk tindakan pencabutan gigi, biasanya dokter akan menunggu sampai usia anak 7 tahun. Jadi Bunda  
  jangan khawatir bila dokter menunda pencabutan gigi si kecil yaa...  

Tolong beritahu kami apa pendapat Anda tentang artikel ini


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman