SITE STATUS
Jumlah Member :
484.367 member
user online :
2026 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Lambang Pramuka dan Manfaatnya untuk Buah Hati

   

Lambang Pramuka dan Manfaatnya untuk Buah Hati



Masih ingatkah Bunda dengan kegiatan Pramuka di sekolah? Seragam coklat, topi baret untuk anak laki-laki, topi anyaman untuk perempuan, pita merah putih, tambang putih, pisau, belt dan peralatan Pramuka lainnya mengingatkan kita pada masa-masa Pramuka di sekolah dulu.

Gerakan Pramuka yang dilambangkan dengan siluet Tunas Kelapa ini dibuat sebagai wadah dan pemecahan solusi untuk kaum muda. Lambang Tunas Kelapa sendiri bukannya tanpa arti. Bagian-bagian Tunas kelapa memiliki arti sendiri-sendiri, seperti :

1. Buah kelapa dalam keadaan tumbuh yang dinamakan cikal diartikan bahwa tiap Pramuka merupakan  inti bagian kelangsungan hidup bangsa Indonesia.
2. Buah kelapa dapat bertahan lama yang menandakan bahwa tiap Pramuka adalah seorang yang sehat jasmani dan rohani, kuat, ulet dan bertekad besar untuk mengabdi pada tanah air.
3. Kelapa dapat tumbuh di mana pun, ini melambangkan Pramuka dapat menyesuaikan diri dalam masyarakat di mana dan dalam kondisi apa pun.
4. Pohon kelapa menjulang tinggi melambangkan setiap Pramuka memiliki cita-cita yang tinggi dan lurus dan tetap tegak walau diombang ambing dengan apa pun.
5. Akar Kelapa kuat di dalam tanah melambangkan keyakinan tiap Pramuka yang berlandaskan pada baik, benar, kuat untuk mencapai cita-cita.
6. Kelapa adalah pohon yang serba guna dari atas hingga akarnya. Melambangkan bahwa tiap Pramuka adalah manusia yang berguna dan membaktikan diri pada bangsa Indonesia.
 
Supaya tidak hanya sebatas lambang tentu saja kegiatan Pramuka harus terus dilakukan di sekolah. Sampai sekarang, di beberapa Sekolah Dasar masih memberikan kegiatan Pramuka. contohnya berkemah yang menjadi salah satu kegiatan yang ditunggu-tunggu. Kegiatan Pramuka memberikan beberapa manfaat untuk anak-anak, seperti :

• Kesehatan
Kegiatan ini melatih kekuatan fisik dan tentu saja ini menyehatkan anak yang dapat merangsang pertumbuhan dan perkembangannya fisik dan kemampuan motoriknya. 
• Bekerjasama
Kegiatan Pramuka dilakukan dengan sistem berkelompok dimana anak dapat belajar bekerjasama dengan teman-temannya. Dengan bekerjasama mereka dapat mengeluarkan pendapat dan idenya di dalam kelompok.
•  Mengambil Keputusan Cepat dan Menyelesaikan Masalah
Mengambil keputusan dengan cepat adalah manfaat lain yang didapat anak dalam kegiatan Pramuka. Tantangan alam dalam latihan seringkali menuntut anak untuk mengambil keputusan dengan cepat dan menyelesaikan masalahnya. Misalnya saja aktifitas mencari jejak.
• Pengetahuan Religius
Kegiatan Pramuka sering menyelipkan kegiatan rohani, seperti mengundang pakar-pakar spiritual yang dapat menambah pengetahuan anak-anak tentang Sang Pencipta.
 
Tips :
- Bunda bisa mengajaknya berkemah di halaman rumah dan melakukan beberapa permainan, misalnya mencari jejak.
 
Tolong beritahu kami apa pendapat Anda tentang artikel ini


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman