SITE STATUS
Jumlah Member :
484.466 member
user online :
2057 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Manfaat Berdongeng untuk Buah Hati

   

Manfaat Berdongeng untuk Buah Hati



Bunda masih ingat dengan cerita Bawang Merah Bawang Putih? Dua gadis cantik kakak beradik yang memiliki perilaku bertolak belakang. Bawang Putih adalah gadis sederhana yang jujur, tekun dan baik hati, sedangkan Bawang Merah adalah gadis yang malas dan sombong.

Cerita Bawang Merah dan Bawang Putih adalah satu dari sekian banyak cerita yang sering dijadikan bahan berdongeng oleh orangtua kita dulu. Hingga kini anak-anak suka sekali mendengar Bunda atau Ayah berdongeng, terutama saat malam hari sebelum tidur. Tapi tahukah Bunda bahwa berdongeng bukan hanya sebagai pengantar tidur saja, melainkan bermanfaat untuk mempengaruhi perilakunya ke arah yang baik. Anak-anak cenderung ingin seperti Bawang Putih daripada Bawang Merah.

Manfaat lain yang bisa diambil dari berdongeng adalah;
1.  Anak mengenal banyak kosa kata dari cerita yang Bunda atau Ayah bacakan. Berdongeng dapat meningkatkan kemampuan berbicaranya.
2.  Mampu mengenali dan mengembangkan struktur kalimat yang baik. Dengan kata lain dapat meningkatkan kemampuan berbahasanya.
3.  Meningkatkan minat membaca.
4.  Menstimulasi kemampuannya menyelesaikan masalah. Anak-anak bisa belajar bagaimana tokoh dalam cerita menyelesaikan masalahnya.
5.   Mengembangkan emosi. Ia mengenal bagaimana reaksi emosi dari suatu kondisi saat tokoh dalam cerita mengalami suatu kejadian, baik menyenangkan atau tidak.
6.  Memperkenalkan nilai-nilai moral. Belajar apa yang baik dan tidak baik, apa yang sopan dan tidak sopan.
7.  Mengenal budaya lain. Banyak cerita yang menggambarkan budaya asal cerita tersebut yang bisa dipelajari si kecil.
8.  Mempererat ikatan antara Bunda dengan si kecil.
9.  Membuat anak-anak rileks dan bahagia.

Untuk mendapatkan manfaat-manfaat di atas tentunya Bunda harus berdongeng menggunakan hati. Jangan berdongeng hanya supaya anak segera tidur saja. Berikut tips yang bisa Bunda lakukan supaya si kecil menikmati Bunda berdongeng;
- Jangan terburu-buru. Luangkan waktu khusus untuk berdongeng. Berdongeng yang terburu-buru membuatnya tidak nyaman dan ia tidak akan menikmati cerita Bunda.
- Bila ia bertanya jawablah dengan singkat. Beri pengertian padanya untuk mendengarkan cerita sampai habis terlebih dahulu. Tetapi biasanya mereka sudah tertidur sebelum cerita habis.
- Gunakan warna suara yang berbeda. Misalnya untuk menggambarkan tokoh Bawang Merah dan Bawang Putih. Dengan begitu imajinasinya dapat berkembang.
- Usahakan selalu kontak mata dengan si kecil bila ia masih terjaga. Sesekali sentuhlah ia dengan lembut.
- Bila si kecil tertidur jangan lupa untuk menciumnya terlebih dahulu sebelum meninggalkannya.
Selamat Berdongeng!

 

Tolong beritahu kami apa pendapat Anda tentang artikel ini


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman