SITE STATUS
Jumlah Member :
494.771 member
user online :
4013 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Wow..., Si Kecil Mulai Sekolah

   

Wow..., Si Kecil Mulai Sekolah



Wow, si kecil tahun ini sudah mulai masuk sekolah. Menjelang anak mulai bersekolah, dibutuhkan persiapan seperti memilih sekolah, mengambil dan mengisi formulir pendaftaran. Tentunya Bunda sudah memilih sekolah yang terbaik untuknya. Tetapi perhatikan Bunda, apakah si kecil bersemangat untuk pergi sekolah atau malah terlihat cemas dan gelisah memasuki dunia barunya? Berikut beberapa tips yang bisa Bunda lakukan untuk membantunya bersekolah.

1. Mengunjungi Sekolah
Beberapa hari sebelum sekolah dimulai, ajaklah ia berkunjung ke sekolah barunya. Tunjukkanlah di mana kelasnya nanti. Berjalanlah berkeliling sekolah dan biarkan ia melihat betapa luas taman bermain di sekolahnya. Biarkan ia melihat betapa bersih dan penuh warna ruang kelasnya. Jangan lupa untuk mengajaknya berkenalan dengan guru-guru di sekolah.

2. Bertanya
Tanyakan padanya bagaimana perasaannya menjadi anak sekolah. Apakah ia bersemangat atau malah justru merasa cemas dan gelisah? Bila ia tampak bersemangat, pupuklah terus semangatnya. Tetapi bila ia merasa cemas dan gelisah, lakukan sesuatu. Ceritakan padanya bagaimana pengalaman Bunda dan Ayah pertama kali bersekolah dulu. Gambarkan bahwa ternyata mengenal dunia sekolah tidak mengerikan seperti yang kita bayangkan.

3. Temani
Seperti layaknya orang dewasa, anak-anak juga perlu beradaptasi dengan lingkungan barunya. Jangan menolaknya bila ia minta ditemani, terutama di hari pertama sekolah. Biasanya guru akan mengijinkan Bunda untuk menemainya di kelas. Dengan adanya Bunda di sana ia akan merasa lebih nyaman. Tetapi, pelan-pelan biarkan ia sendiri tanpa Bunda. Bila sebelumnya Bunda menemani di kelas, lain hari Bunda hanya menunggu di luar kelas. Jelaskan padanya bahwa ia sudah menjadi anak sekolah yang mandiri.

4. Biarkan memilih
Untuk menambah semangatnya bersekolah, biarkan ia memilih sendiri tas, alat-alat tulis dan sepatu sekolahnya. Ajarkan bagaimana ia harus selalu menjaga perlengkapan sekolahnya; setiap pulang sekolah letakkan tas dan sepatu di tempat yang sama.
 
Mengantarkan si kecil ke bangku sekolah ternyata bisa membuat Bunda merasa cemas dan gelisah juga. Bunda bisa melakukan beberapa hal berikut:
1. Temui guru
Berbicaralah pada guru, terutama tentang keamanan sekolah. Pastikan sekolah tidak membiarkan orang lain menjemput kecuali Bunda dan Ayah.
2. Berkenalan dengan orangtua lain
Orangtua lain mungkin memiliki rasa cemas yang sama. Dengan berkenalan, Bunda akan merasa lebih nyaman.
3. Kegiatan sekolah
Bergabunglah dengan kegiatan-kegiatan di sekolah dengan para guru dan orangtua. Misalnya ikut serta dalam panitia lomba dan bazaar sekolah menyambut Hari kemerdekaan Indonesia.

Tolong beritahu kami apa pendapat Anda tentang artikel ini


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman