SITE STATUS
Jumlah Member :
481.844 member
user online :
1736 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Perhatikan Nutrisi Prakehamilan Bunda

   

Perhatikan Nutrisi Prakehamilan Bunda



Apakah Bunda saat ini sedang melakukan program kehamilan? Bila ya, Bunda harus memperhatikan asupan nutrisi supaya program kehamilan Bunda dapat segera terwujud.  Ya benar, Bunda tak bisa mengabaikan nutrisi Bunda, karena menurut Standard American Diet (SAD), 30% pasangan mengalami kesulitan hamil diakibatkan karena pola makan yang tidak sehat. Mungkin tanpa sadar selama ini Bunda makan dengan menu yang tinggi gula dan lemak, tetapi rendah asupan nutrisi lainnya.

Berikut beberapa makanan yang dapat memenuhi kebutuhan nutrisi prakehamilan Bunda;

1.     Dairy Foods
Bunda perlu memenuhi kebutuhan kalsium sehari-hari karena Kalsium dapat meningkatkan sistem reproduksi. Dairy Foods atau makanan hasil olahan susu (termasuk susu itu sendiri) seperti keju, yoghurt dan es krim dapat memenuhi nutrisi prakehamilan yang Bunda butuhkan. Dairy Foods kaya akan protein yang bisa meningkatkan kesuburan. Bunda bisa memilih susu kedelai yang mengandung protein tinggi bila Bunda alergi terhadap susu sapi.

2.     Vitamin E
Mengonsumsi Vitamin E dapat meningkatkan produksi Enzim yang akan berpengaruh pada hormon pria untuk membentuk sperma. Meski banyak yang berpikir Vitamin E hanya untuk pria, ternyata pada wanita Vitamin E berperan penting untuk melindungi sel telur. Vitamin E terdapat pada kacang hijau, tauge, salada, daging, unggas, dll.

3.     Alpukat
Alpukat mengandung Vitamin B6 yang berfungsi meningkatkan hormon pria. Pada wanita, kandungan Potassium pada alpukat dapat mengatur tiroid wanita.

4. Makanan berserat tinggi
Ganti makanan karbohidrat olahan dan banyak gula yang biasa Bunda konsumsi dengan makanan berserat tinggi. Pilih roti gandum, sayuran dan buah-buahan untuk sarapan.

5. Tiram Laut
Tiram laut mengandung banyak Zing atau zat seng yang kaya akan L-Carnitine dan L-Ariginine. Zat-zat di dalam tiram laut dapat meningkatkan kualitas dan produksi sperma supaya volume ejakulasi meningkat.
 
Lalu bagaimana dengan suplemen prakehamilan? Menurut Bunda apakah Bunda perlu mengonsumsinya?
 
Karena seringnya asupan nutrisi yang kurang membuat Bunda akhirnya memilih suplemen untuk memenuhi kebutuhan nutrisi terutama nutrisi prakehamilan. Suplemen yang paling sering dikonsumsi para Bunda yang merencakan kehamilan adalah zat besi dan asam folat. Bila Bunda tidak dapat memenuhinya dari makanan sehari-hari, Bunda boleh mendapatkannya melalui suplemen.
 
Tips:
- Meski suplemen prakehamilan mudah didapat, tetapi sebaiknya pilih yang alami dari sayuran dan buah-buahan.
Nah, sekarang Bunda sudah mengerti nutrisi apa saja yang menunjang program kehamilan Bunda. Jadi, mulai dari sekarang perhatikan terus asupan nutrisi Bunda ya!

Tolong beritahu kami apa pendapat Anda tentang artikel ini


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman