SITE STATUS
Jumlah Member :
253.400 member
user online :
3491 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Rawat Payudara Sejak Hamil

   

Rawat Payudara Sejak Hamil



Banyak wanita yang kuatir Air Susu Ibu (ASI)nya tidak akan keluar dan bentuk payudaranya tidak seindah sebelumnya.

Saat hamil payudara akan terasa lebih kencang, lebih besar, urat-urat halus di bawah permukaan kulit terlihat lebih jelas, dan puting susu di sekitar aerola menjadi lebih gelap. Mari rawat payudara Bunda untuk menghilangkan kekuatiran di atas.

Hormon Prolaktin

Di dalam payudara terdapat 15-25 segmen/cuping yang terdiri atas tandon kelenjar atau alveoli. Otot-otot di sekitar alveoli saling terkait yang nantinya akan berkontraksi dan memeras susu keluar melalui puting. Perkembangan sel-sel produksi susu di alveoli ini dirangsang oleh hormon prolaktin sejak usia kehamilan 8 minggu. Hormon inilah yang membuat beberapa perubahan di payudara Bunda.

Hormon inilah yang akan meningkatkan produksi ASI setelah melahirkan. Hormon prolaktin sering disebut-sebut juga sebagai hormon yang dapat membuat KB Alami. Karena hormon ini menekan hormon yang menstimulasi ovulasi.

Merawat payudara

Merawat payudara bisa dilakukan saat hamil sampai selama menyusui. Untuk melancarkan ASI dan mempertahankan keindahan bentuk payudara Bunda, lakukan hal-hal berikut:

1.  Pijat
Lakukan pemijatan payudara menggunakan kedua tangan dengan baby oil. Buat gerakan memutar di sekeliling payudara searah jarum jam dan berlawanan jarum jam. Lakukan juga pemijatan dari bawah payudara menuju puting. Tak perlu memijat puting. Setelah itu tepuk-tepuklah payudara menggunakan seluruh jari Bunda untuk melancarkan peredaran darah. Terakhir, bersihkan payudara dan puting dengan air hangat lalu keringkan.

2.  Senam payudara
Untuk memadatkan payudara dan merangsang produksi ASI lakukan gerakan senam yang memperkuat otot pektoralis di dada. Ada dua cara melakukannya:
a.  Posisi berdiri: buatlah tangan seperti sedang bersidekap, tangan kanan memegang bagian lengan kiri bawah dekat siku, dan sebaliknya tangan kiri memegang lengan bawah kanan. Remas-remas lengan dengan cara mengeratkan pegangan sehingga otot-otot di sekitar payudara terasa kencang. Lakukan 30 kali.
b.   Pegang kedua bahu Bunda, lalu buat lingkaran besar dengan kedua siku. Pertemukan kedua siku sehingga lengan bagian dalam memijat payudara Bunda. lakukan dengan arah sebaliknya. Buatlah 20 kali putaran.

3.  Pakai bra yang pas
Saat ukuran payudara Bunda membesar, jangan lagi gunakan bra yang terlalu ketat. Sebaliknya, jangan pula gunakan bra yang terlalu longgar. Ukuran bra harus benar-benar pas dan nyaman dipakai. Pilih bahan yang menyerap keringat supaya Bunda lebih nyaman.

Nah, kini Bunda sudah tahu bagaimana merawat payudara Bunda. jangan takut lagi ya, Bun!

Tips:
-       Gunakan kapas basah untuk membersihkan puting susu.

Tolong beritahu kami apa pendapat Anda tentang artikel ini


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman