SITE STATUS
Jumlah Member :
484.033 member
user online :
2248 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Kontrol Stress Saat Hamil

   

Kontrol Stress Saat Hamil



Kebanyakan ibu hamil hanya mempersiapkan diri secara fisik, mungkin para Bunda lupa untuk memperhatikan kesiapan mental. Padahal, mental ibu hamil dapat mempengaruhi perilaku anak kelak lho. Simak artikel berikut!

Perubahan Fisik
Pada trimester pertama biasanya ibu hamil akan mengalami morning sickness seperti mual, muntah dan seringkali terasa pusing. Bahkan pada beberapa ibu hamil sampai mengalami pingsan dan penurunan berat badan karena tidak nafsu makan.

Payudara Bunda akan semakin membesar karena kelenjar payudara mulai memproduksi ASI. Kulit menjadi kehitaman terutama di sekitar payudara dan wajah.
Seiring dengan usia kehamilan yang semakin tua, berat badan akan bertambah dan Bunda terlihat sangat gemuk. Belum lagi munculnya stretchmark di sekitar perut. Semua hal ini membuat ibu hamil merasa tubuhnya rusak.

Saat semua terjadi secara bersamaan dan terasa tanpa henti, Bunda akan merasa stress dan tidak percaya diri.

Cemas, Sedih dan Marah
Ibu hamil biasanya juga mengalami kecemasan berlebihan pada janin yang dikandungnya. Pertanyaan seperti "apakah anak saya tumbuh normal?", membuat Bunda cemas dan sedih seketika.

Bunda juga menjadi lebih sensitif terhadap suami dan lingkungan sekitar Bunda. Bunda mungkin merasa suami dan orang-orang terdekat tidak memperhatikan Bunda.

Mood yang berubah-ubah membuat Bunda lelah dan akhirnya menimbulkan stress. Stress ini juga bisa mengakibatkan Bunda tidak nafsu makan yang akan berujung pada kurangnya nutrisi untuk janin.

Efek pada Anak
Stress dapat menimbulkan efek pada si kecil kelak. Usahakanlah untuk rileks dan menikmati kehamilan Bunda. Stress yang terus menerus dapat memberikan efek negatif pada bayi, seperti:
- bayi sering rewel
- kurang percaya diri
- kurang bisa menerima dirinya sendiri
- mudah stress
- pemurung

Solusi
Pergilah berlibur atau bertemu teman-teman yang membuat Bunda lebih rileks. makan dan tertawa bersama dapat melepaskan ketegangan yang muncul saat hamil.

Bila sulit untuk rileks cobalah untuk bergabung mengikuti kelas-kelas relaksasi, yoga ibu hamil atau meditasi.

Tips:
- berendam di bathtub dengan wewangian aromaterapi dan musik yang tenang dapat melepaskan stress dan kecemasan Bunda.

Tolong beritahu kami apa pendapat Anda tentang artikel ini


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman