SITE STATUS
Jumlah Member :
493.627 member
user online :
1309 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Cegah dan Atasi Anak Berbicara Tidak Sopan

   

Cegah dan Atasi Anak Berbicara Tidak Sopan



Melihat anak pintar berbicara tentunya menjadi kebahagiaan tersendiri untuk Bunda dan Ayah. Apalagi bila ia sudah bertanya, rasa tidak pernah selesai pertanyaan yang diajukan oleh si kecil. Tetapi, mungkin saja, suatu hari Bunda menemukan si kecil mengeluarkan kata tidak sopan dari mulutnya. Hmmm… segera lakukan sesuatu sebelum hal ini menjadi kebiasaan.

Anak selalu mencontoh apa yang dilihat dan didengarnya. Jadi, sudah bisa dipastikan bila ia mengucapkan kata-kata tidak sopan, ia pasti meniru dari seseorang. Bisa saja ia meniru dari Bunda, Ayah, Nenek, dll yang memiliki kebiasaan mengumpat, berteriak dan mengatakan kata tidak sopan di depannya.  Bila ingin anak Bunda berkata baik, ucapkanlah kata-kata yang baik. 

Berikut beberapa cara untuk mencegah dan mengatasi anak yang berbicara tidak sopan.
1.    Tegur, Tanya dan Jelaskan
Bila Bunda mendapati si kecil berbicara tidak sopan, tegur ia. Ditegur ya, Bun, bukan dimarahi. Tanyakan, dia dapat dari mana kata-kata itu. jelaskan padanya bahwa kata itu adalah kata yang tidak baik dan tidak sopan. Tekankan bahwa ia tidak boleh mengulanginya lagi.
2.    Dengarkan
Saat si kecil menjawab pertanyaan Bunda, biarkanlah ia bercerita. Jangan memotongnya bila ia belum selesai. Dari cerita si kecil Bunda bisa menyimpulkan kira-kira si kecil belajar dari mana dan dari siapa kata-kata itu.
3.    Tanya pada anggota keluarga
Bila Bunda tidak pernah merasa melakukan itu di depan si kecil, tanyakan pada seluruh anggota keluarga yang tinggal serumah, apakah ada yang pernah berkata demikian di depan si kecil. Tanyakan secara halus ya, Bun! Supaya tidak ada yang tersinggung dan muncul masalah baru. 
4.    Jangan bergosip
Jangan bergosip di depan anak, meskipun Bunda hanya bergosip dengan teman melalui telepon. Anak-anak bisa menyerap dan meniru apa yang Bunda lakukan. 
5.    Sering ajak berbicara
Bila sebelumnya Bunda terlalu sibuk dan jarang bercengkerama dengan si kecil. Sudah saatnya Bunda meluangkan waktu untuk lebih banyak berbicara dengannya. Mintalah si Ayah untuk bergabung dan ikut berbicara, misalnya berbicara tentang kegiatan apa yang dilakukan hari ini oleh si kecil, Bunda dan Ayah.

Seperti yang tadi telah dibahas, bahwa anak meniru dari apa yang ia lihat dan dengar. Bila si kecil sudah bersekolah, tanyakan pula pada guru sekolahnya, apakah ada anak lain yang suka berkata tidak sopan. Diskusikan pada guru dan mintalah ijin untuk sesekali ‘mengintip’ kegiatan si kecil di kelas.

Tips:
-    Jangan memarahinya apalagi berteriak saat Bunda menemukan si kecil berkata kasar. Karena itu sama saja Bunda memberi contoh yang tidak baik padanya. 
-    Bacakan dongeng-dongeng yang memberikan nilai kebaikan sehingga ia dapat mempelajari hal-hal yang baik.

Tolong beritahu kami apa pendapat Anda tentang artikel ini


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman