SITE STATUS
Jumlah Member :
484.386 member
user online :
2237 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Latih Kemandiriannya Sejak Dini

   

Latih Kemandiriannya Sejak Dini



Bila Bunda mengharapkan si kecil mandiri kelak, ajarkan ia tentang kemandirian sejak dini. Sejak usia 1 tahun anak-anak sudah bisa dikenalkan tentang kemandirian, misalnya saja membiarkan ia memilih menu makanan atau baju yang ingin ia kenakan. Berikut latihan kemandirian lain yang dapat Bunda berikan:

1. Makan sendiri. Lengkapi alat makannya dan biarkan ia makan sendiri. Akan lebih baik bila makan bersama keluarga sehingga ia merasakan kedekatan keluarga. Jangan kuatir dengan makanan yang mungkin tumpah dan mengotori lantai.

2. Jangan selalu memberikan apa saja yang ia minta. Misalnya ia meminta dibelikan mainan baru, padahal Bunda baru saja membelikannya minggu lalu. Jelaskan padanya bahwa Bunda tidak bisa membelikan mainan lagi. Biarkan ia belajar untuk mengerti kalau ia tidak selalu mendapatkan apa yang ia inginkan.

3. Bunda tidak perlu terus menerus memberikan larangan padanya. Larangan hanya akan membuatnya semakin penasaran. Sesekali biarkan ia belajar sebab akibat. Peringatkan padaya, “Hati-hati kamu bisa jatuh bila memakai sepatu Ayah.”.

4. Ajari ia untuk bercerita. Dengan bercerita ia bisa belajar mengungkapkan isi hatinya. Ia bisa memilih mana yang ia suka dan tidak. Hal ini dapat membentuk karakter anak kelak untuk berani mengungkapkan pendapatnya.
 
Mungkin Bunda akan sedikit merasa jauh dengan si kecil saat ia mulai mandiri. Misalnya saat si kecil tidak mau lagi diantarkan ke kelasnya karena merasa sudah besar. Berikan kesempatan dan kepercayaan padanya. Bunda bisa mengamatinya dari jauh bagaimana ia percaya diri sekali melangkah ke kelasnya.

Tolong beritahu kami apa pendapat Anda tentang artikel ini


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman